Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Konawe Selatan Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Guru SMAN 1 Sampit Dilatih Rancang Pembelajaran Inkuiri

  • Oleh M. Rifqi
  • 04 Agustus 2016 - 18:00 WIB

BORNEONEWS, Kotim - Para guru SMAN 1 Sampit, Kotawaringin Timur (Kotim) mengikuti pelatihan rancang pembelajaran inkuiri. Pembelajaran secara inkuiri bertujuan menumbuhkembangkan kemampuan berpikir, bekerja ilmiah, serta dapat mengkomunikasikan sebagai aspek keterampilan hidup. Pelatihan difasilitasi oleh Surya Institute. 

"Ketika SMAN 1 Sampit memilih model pembelajaran ini, tentunya kami bangga. Sebab, ini juga dipakai sekolah-sekolah unggulan di kota-kota besar," kata Nancy Susianna dari Surya Institute Jakarta, saat pembukaan Workshop Desain Pembelajaran Merancang Pembelajaran Inkuiri 5E dengan Benar dan Tepat, yang digelar SMAN1 Sampit, di Hotel Midtown Express, Sampit, Kamis (4/8/2016).

Sebanyak 30 orang guru SMAN 1 Sampit mengikuti pelatihan kerjasama dengan Surya Institute itu. Mereka dibimbing merancang pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman konsep dan keterampilan berpikir kritis dan kreatif peserta didik. Pelatihan berlangsung selama tiga hari, 4 - 6 Agustus 2016.

Kepala Dinas Pendidikan Kotim, Suparmadi, saat membuka kegiatan tersebut mengatakan menyambut baik inisitif SMAN 1 Sampit menggelar pelatihan bagi para guru. Melalui diklat  ini diharapkan kompetensi guru di SMAN 1 meningkat dengan kemampuan merancang model pembelajaran.

Kepala SMAN 1 Sampit, M Darma Setiawan, mengatakan selama ini pembelajaran di sekolah-sekolah menggunakan model tradisional. Guru pun kesulitan menerapkan model pembelajaran yang tepat terhadap siswa. "Selama ini model pembelajaran menekankan pada konten. Artinya target kita adalah kurikulum atau materi pembelajaran harus habis. Padahal itu sudah tidak sesuai dengan perkembangan zaman."

Menurutnya, pendidikan saat ini menekankan pada kompetensi siswa. Guna mencapai itu tentu diperlukan model pembelajaran yang tepat. Sejak tahun lalu SMAN 1 sudah melakukan penjajakan kerjasama dengan Surya Institute dengan mengirimkan perwakilan sekolah dan komite sekolah untuk pengembangan model pembelajaran inkuiri di sekolah itu. (M. RIFQI/N).

Berita Terbaru