Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Rokan Hilir Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Air Terjun Merah Darah, Tempat Wisata Tak Terjamah

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 08 Agustus 2016 - 06:40 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Rupanya Pantai Ujung Pandaran di Desa Ujung Pandaran, Kecamatan Teluk Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), bukanlah satu-satunya tempat wisata di daerah itu. Namun desa itu rupanya masih memiliki destinasi wisata yang belum terjamah. Salah satunya adalah air terjun merah darah, yang merupakan tempat wisata yang cukup mempesona dan masih sangat alami.

Seperti yang dikatakan Bayu Agus Prasetyo, warga sekitar, air terjun merah darah memang sangat bagus dan alami. Namun tempat itu tidak banyak diketahui masyarakat Kotim. Pemerintah daerah belum pernah mempromosikan tempat tersebut.

'Sangat sayang kalau potensi wisata air terjun merah darah itu tidak dikembangkan, karena tempat tersebut sangat asri dan masih natural,' ujar Bayu, Minggu (7/8/2016).

Memang air terjun tersebut tingginya hanya sekitar tiga meter saja. Pada musim kemarau debit air tidak terlalu deras. Namun hal berbeda dari air terjun lainnya adalah warna air yang merah, akibat mengalir dari tanah gambut. Selain itu, kalau musim penghujan, debit air akan tinggi dan mengalir deras.

'Yang pasti pengunjung akan merasakan sensasi berbeda, dan dapat merasakan keasrian tempat tersebut,' lanjut Bayu.  

Untuk menuju ke tempat wisata tersebut memang tergolong sulit. Selain belum ada penunjuka atau rambu, jalan yang dilalui juga masih merupakan rintisan warga saja. Selain itu, pengunjung juga melintasi padang rumput hijau.

Tidak hanya itu, jalan menuju tempat tersebut juga masih belum bisa dilintasi mobil hingga ke lokasi, dan pengunjung harus menempuh perjalanan kaki sekitar kurang lebih 15 menit. Sedangkan untuk waktu perjalanan keseluruhan dari arah Pantai ujung Pandaran sekitar 30 menit.

'Walaupun lokasi tergolong cukup susah didatangi, namun rasa capek perjalanan akan terbayarkan saat sampai ditempat itu. Karena pengunjung akan merasakan sensasi dinginnya air terjun merah darah, dan alam sekitar yang masih asri,' ungkap Bayu.

Bayu dan warga sekitar hanya berharap agar lokasi itu bisa dimanfaatkan untuk objek wisata di daerah ini. Sehingga tidak hanya Pantai Ujung Pandaran saja yang menjadi kunjungan warga, namun air terjun merah darah juga. (M HAMIM)

Berita Terbaru