Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tapanuli Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Puslabfor Polri Selidiki Kebakaran Pasar Tumbang Samba

  • Oleh Abdul Gofur
  • 11 Agustus 2016 - 20:00 WIB

BORNEONEWS, Kasongan -  Tim Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor) Mabes Polri telah mengambil sampel pada bekas lokasi musibah kebakaran Pasar Tumbang Samba, Kecamatan Katingan Tengah. Tim akan mencari tahu sebab musabab kebakaran.

'Untuk mencari tahu dugaan penyebab kebakaran, sudah didatangkan Tim Puslabfor Mabes Polri hari Rabu (10/8/2016) kemarin,' ujarnya Kapolres Katingan, AKBP Tato Pamungkas Suyono melalui Kapolsek Katingan Tengah, AKP Wahono di sela kunjungan Bupati Katingan, Ahmad Yangtenglie di posko kebakaran di Tumbang Samba, Kamis (11/8/2016).

Menurut Kapolsek, tim Labfor mengamhil sampel pada bangunan di tepi Sungai Katingan. Penanganan penyelidikan terkait kebakaran Pasar Tumbang Samba ini diserahkan pada Polres Katingan. Sejauh ini, kata Wahono, pihaknya sudah memeriksa lima orang saksi. Akan tetapi ia mengaku belum bisa menyimpulkan penyebab atau pemicu kebakaran Pasar Tumbang Samba ini.

'Nanti ini pihak Puslabfor yang akan menjelaskannya. Namun kita sudah memetakan, dimana lokasi api pertama kali muncul, sekaligus untuk mempermudah Tim Puslabfor dalam pengambilan sampel dan data kejadian. Yang jelas mereka cuma satu hari, hasilnya langsung dibawa untuk diteliti. Dan kita masih menunggu hasilnya,' katanya.

Wahono mengatakan apabila nantinya diketahui ada unsur ketidaksengajaan atau lalai, maka mengacu pada undang-undang tentu ada sanksinya. 

'Berdasarkan keterangan para saksi yang kita periksa, api berasal dari salah satu rumah warga dan dalam  kondisinya sedang kosong. Waktu itu, listrik antara pukul 17.00 WIB padam, dan baru hidup sekitar pukul 21.00 WIB. Selang beberapa waktu kemudian, terjadilah kebakaran tersebut,' tambah Kapolsek. (ABDUL GOFUR/N).

Berita Terbaru