Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Lingga Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Personel Kodam Tanjungpura Bantu Kodim Atasi Karhutla

  • Oleh Budi Baskoro
  • 16 Agustus 2016 - 18:45 WIB

BORNEONEWS, Kubu Raya - Personel Kodam XII Tanjungpura memperkuat Kodim 1207/BS Pontianak dalam mencegah kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Personel Badan Pelaksana (Balak) Dam XII/Tpr, sejak Minggu (14/8/2016) melaksanakan BKO (Bawah Kendali Operasi) ke Koramil 1207-05/Sungai Raya. Tujuannya, melaksanakan patroli dalam rangka penanggulangan dan pencegahan Karhutla di wilayah Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat.

Selasa (16/08/2016) Tim mendapati titik api di lahan kosong seluas kurang lebih lima hektare, di DesaLimbung hangus terbakar. Dengan sigap Tim Gabungan dari Balakdam XII/Tpr memadamkan api yang menghanguskan hutan lahan gambut dan menimbulkan kabut asap tebal yang mengganggu pernafasan bagi wilayah sekitarnya.

Sertu Par'i, salah satu personil Pendam XII/Tpr yang di BKO ke Koramil 1207-05/Sungai Raya mengatakan, tugas melaksanakan pencegahan dan penanganan kebakaran hutan dan lahan ini, salah satu tugas operasi selain perang. Itu dilakukan personel Kodam Tanjungpura, dan jajaran melalui Kodim-Kodim di wilayah Kalbar dan Kalteng. Struktur tanah di wilayah Kalbar dan Kalteng mayoritas gambut yang sangat mudah terbakar pada musim kemarau seperti saat ini.

Selain berpatroli rutin pagi hingga sore hari, kegiatan dilanjutkan hingga malam apabila ada titik api atau kebakaran hutan dan lahan. Di samping itu mereka melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran yang berdampak terjadinya kebakaran hutan dan lahan yang besar. Apabila ada yang tertangkap tangan sengaja melakukan pembakaran akan kami lakukan pengejaran dan penangkapan, dan kami serahkan ke Polsek Sungai Raya untuk diproses hukum.

Tim penanggulangan bahaya Karhutla ini merupakan tindak lanjut perintah langsung Pangdam XII/Tpr, untuk melakukan kegiatan memperkuat jajaran Kodim di wilayah Kodam XII/Tpr dalam mencegah dan mengatasi Karhutla. Hal ini dilakukan mengingat saat ini wilayah teritorial Kodam XII/Tpr telah banyak bermunculan titik api akibat kebakaran lahan. 

Hal ini juga untuk mengatasi kejadian serupa di mana wilayah Kalbar kerap menjadi lumbung asap akibat kebakaran hutan dan lahan saat musim kemarau tiba.

Selain melakukan pemadaman Karhutla, tim juga bergabung bersama masyarakat dan Babinsa setempat. Termasuk komunitas Masyarakat Peduli Api, Polri dan Manggala Agni, melakukan patroli dan sosialisasi kepada masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran saat membuka ladang.

Patroli pencegahan dan penindakan Karhutla di pusatkan tim di wilayah DesaLimbung dengan pertimbangan, merupakan wilayah yang dekat dengan objek vital Bandara Supadio. 

Siaga Karhutla dan kegiatan patroli ini akan rutin dilaksanakan hingga musim penghujan tiba, karena Karhutla dapat terjadi sewaktu-waktu, mengingat cuaca sangat panas di siang hari, dan juga faktor angin kencang yang dapat menjadi penyebab kebakaran dengan mudah membesar dan meluas kedaerah yang belum terbakar bahkan dapat merembet hingga ke pemukiman penduduk. (RO/N).

Berita Terbaru