Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bulukumba Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Masyarakat Antusias Wacana Pembentukan Kabupaten di DAS Barito

  • Oleh Amar Iswani
  • 07 September 2016 - 19:00 WIB

BORNEONEWS, Barito Timur - Masyarakat Kabupaten Barito Timur (Bartim) antusias terkait wacana pembentukan kabupaten/kota di Daerah Aliran Sungai (DAS), Barito di wilayah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng). Komisi I DPRD Bartim mengusulkan adanya pemekaran wilayah Bartim itu, setelah melakukan kunjungan kerja di Provinsi tetangga, yakni Kalimantan Timur.

Antusiasme ini disampaikan oleh Kajiriamon (45), warga Pasar Tamiang Layang. Menurutnya, secara aturan Kabupaten setempat berpeluang besar terkait penambahan kabupaten/kota. Pasalnya, kabupaten berjuluk Gumi Jari Janang Kalalawah ini ada 10 kecamatan, terbanyak di kabupaten/kota di DAS Barito ini. 

"Di kabupaten setempat ini paling pas dibentuk kabupaten/kota yakni di Kecamatan Dusun Tengah dan Ibukota kabupaten/kotanya yakni Ampah,"ujarnya, di Tamiang Layang, Rabu (7/9/2016).

Ia menyampaikan, wacana penambahan atau dibentuknya kabupaten/kota ini jangan hanya tinggal wacana saja, akan tetapi pembentukan perihal dimaksud harus diwujudkan secara nyata.

"Semua ini bertujuan agar perkembangan kemajuan pembangunan bisa lebih cepat lagi,"ucapnya.

Sementara Ajak (40) Warga Matabu, Kecamatan Dusun Timur, Kabupaten Bartim juga setuju dengan wacana penambahan kabupaten/kota itu, karena roda pembangunan bakal maju secara pesat. Dan istilah desa tertinggal di kabupaten setempat tentunya sudah tidak ada lagi.

"Karena dusun-dusun di bawah desa secara otomatis mengalami peningkatan status menjadi desa,"nilainya.

Kajiramon dan Ajak mengharapkan wacana tersebut segera diwujudkan agar perkembangan kemajuan pembangunan berkembang pesat seiring waktu. " Untuk mewujudkan semua itu seluruh pihak diharapkan bekerja keras dan  saling bahu - membahu, khususnya eksekuti dan legislatif saling bersinergi,"pungkas mereka. (Amar Iswani/N).

Berita Terbaru