Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Metro Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Penyerahan Kartu KKS KIP dan KIS di Sukamara Sudah Rampung

  • Oleh Norhasanah
  • 08 September 2016 - 10:47 WIB

BORNEONEWS, Sukamara ' Penyerahan kartu bantuan program Kartu Keluarga Sejahtera  (KKS), Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan Kartu Indonesia Sehat (KIS) di tahun 2016 yang disalurkan melalui Kantor Pos Sukamara kini sudah mencapai 100 persen. Untuk KKS ada sebanyak 462 kartu dan sudah diserahkan kepada penerima.

'KKS mengalami penurunan jumlah penerima, contohnya seperti Desa Karta Mulya yang menerima hanya 1 orang dan ternyata yang menerima orangnya sudah pindah tempat tinggal. Desa Sedawak tidak ada warga yang dapat dan Kelurahan Mendawai Sukamara yang sebelumnya ada 110 penerima kita hanya sekitar 30 orangrima' terang Kepala Kantor Pos Sukamara, Ngadimin, Rabu (7/09).

Lanjutnya sementara untuk penyerahan kartu program Kartu Indonesia Sehat terbagi menjadi dua, untuk dana dari APBD akan diserahkan melalui Kantor Kelurahan sedangkakan dana dari APBD melalui Kator Pos.

'Untuk KIS kita bagikan sebanyak 1.771 kartu dan ini sudah kita bagikan semua' terangnya.

Sementara untuk tahun 2016 penerima kartu KIP di Kabupaten Sukamara tidak dihendel oleh Kantor Pos karena pihak Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Sukamara langsung menerima kartu tersebut dari pihak pusat yang kemudian dibagi kepada pihak sekolah.

'Untuk KIP sudah tidak melalui kita ini sekarang sudah di beckup oleh Dikpora' kata Kepala Kantor Pos Sukamara.

Dikatakannya pula dalam penyerahan KKS dan KIS terdapat beberapa kartu yang masih ada di Kantor Pos karena penerima kartu tidak lagi tinggal dialamat yang tertera pada kartu tersebut, sehingga pihaknya melakukan penahaman kartu agar tidak disalah gunakan dan akan dikembalikan kepada pemerintah pusat.

'Memang ada beberapa kartu yang masih ada dikita namun kartu itu tidak diserahkan karena penemerima kartu sudah tidak ada ditempat' ucap Ngadimin.

Pihak kantor pos sukamara juga meminta kepada masyarakat yang sudah terdaftar sebagai penerima bantuan program KKS dan KIS namun sudah berpindah tempat tinggal kewilayah lain maka bisa melapor agar bantuan bisa tetap diterima ditempat yang baru.

'Memang ada beberapa penerima kartu yang sudah pindah tempat tinggal, apabila mereka melapor maka program ini bisa didapatkan ditempat tinggal yang baru,' pungkas Kepala Kantor Pos. (MG-13)

Berita Terbaru