Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Klaten Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Mendes Sarankan Bikin Pelatihan Ekonomi Desa

  • Oleh Budi Baskoro
  • 24 September 2016 - 17:10 WIB

BORNEONEWS, Yogyakarta - Pelatihan pemberdayaan ekonomi desa menjadi penting jika melihat besarnya potensi yang ada di desa. Hal ini menjadi satu kekuatan desa untuk bisa mendongkrak perekonomian dan menyediakan lapangan kerja.

"Karena dana desa semakin besar, meningkat menjadi Rp46 triliun lebih. Kalau dibagi-bagi, setiap desa bisa mendapatkan Rp400 juga sampai Rp800 juta. Belum lagi mendapat bagian dari provinsi dan kabupaten. Bisa lebih dari Rp1 miliar per desa," ungkap Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Eko Putro Sandjojo, saat berbincang dengan masyarakat Desa Umbulharjo, Kecamatan Cangkringan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sabtu (24/9/2016).

Dalam rilis Kemendes PDTT, Eko Sandjojo mengatakan, karena yang paling tahu kebutuhan desa adalah masyarakat desa, potensi yang ada di desa itu bisa dikembangkan sesuai keburuhan masyarakat dengan tidak mengabaikan potensinya.

Melihat besaran nominal itu, lanjut Eko, jangan semua lari ke infrastruktur. Menjadi hal yang cukup penting jika diarahkan juga untuk pelatihan pemberdayaan ekonomi masyarakat desa. Dana itu, kata dia, bisa dipakai untuk kemakmuran masyarakat desa. Kalau infrastruktur bisa kurang terus, jangan dipakai buat infrastruktur saja. 

"Buat pemberdayaan masyarakat desa. Kita alokasikan buat Bumdesa, simpan pinjam, penyaluran KUR, tergantung persiapan masyarakat desa," jelas Eko Sandjojo.

Oleh karena itu, menurut menteri yang suka bercanda ini, perlu dibuat pelatihan seperti administrasi, pengelolaan keuangan, manajemen Bumdesa dan pelatihan lain yang mensupport pengembangan perekonomian desa.

Namun, yang lebih penting lagi, saat menjawab pertanyaan masyarakat soal pengangkatan pegawai, adalah mengajari masyarakat khususnya pemuda menjadi pengusaha. Pemuda diajari untuk mengcreate sesuatu, mengubah persoalan menjadi peluang.

Berdasarkan perbincangan tersebut Menteri Desa melihat banyak yang bisa dikembangkan di Desa Umbulharjo selain wisata. Untuk pengembangan Bumdesa, menteri melihat ada potensi besar bisa dimanfaatkan, antara lain pengelolaan umbul, ternak, pemanfaatan sampah dan jasa. (KEMENDES PDTT/N).

Berita Terbaru