Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BLH Kembali Periksa Kualitas Air Sungai Seruyan

  • Oleh Parnen
  • 30 September 2016 - 19:11 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang -- Untuk kesekian kalinya, Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Seruyan kembali melakukan pemeriksaan kualitas air di area Sungai Seruyan, yang hingga saat ini oleh kebanyakan warga yang tinggal di bantaran sungai itu masih menerapkan tradisi pemanfaatan air sungai untuk kebutuhan MCK (mandi, cuci dan kakus).

Menurut Kepala BLH Kabupaten Seruyan, Bahrun Abbas, pemeriksaan terhadap kualitas air sungai tersebut sebenarnya merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh pihak BLH Seruyan. Tujuannya, untuk memastikan bahwa kualitas air sungai itu tetap  aman  dari segi kesehatan saat dimanfaatkan  warga, terutama mereka yang tinggal di bantaran sungai.

"Sampel air sungai itu sudah kita kirim untuk kembali diperiksakan di laboratorium Sampit. Saat ini kita masih menunggu hasil pemeriksaannya," kata Abbas kepada Borneonews, Jum'at (30/9).

Abbas yang juga tergabung dalam keanggotaan tim pengawas Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kuala Pembuang itu menyampaikan, jika dari hasil pemeriksaan sampel terhadap air sungai Seruyan, misalkan ada ditemui zat-zat atau kandungan yang dinilai membahayakan, maka secepatnya akan dilakukan upaya penanganan.

"Sampai sejauh ini dari hasil pemeriksaan yang telah dilakukan beberapa kali sebelumnya, masalah kualitas air sungai tidak terdapat masalah. Meski demikian, hal ini tetap mendapat pengawasan dari kita,' ungkap Abbas. (PN/*)

Berita Terbaru