Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sumba Timur Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Rayakan HUT ke-22, SMAN 4 Palangka Raya Terapkan Literasi Sekolah

  • Oleh Testi Priscilla
  • 05 Oktober 2016 - 14:17 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - SMAN 4 Palangka Raya, Jalan Temanggung Tilung 23,  merayakan HUT ke-22 dengan menerapkan sistem Literasi Sekolah, Rabu (5/10/2016). Sistem ini, diterapkan sebagai upaya menenangkan dan membiasakan siswa membaca buku selama 10 menit setiap harinya sebelum pelajaran dimulai.

"Ini kabar yang membahagiakan dan membanggakan bagaimana SMAN 4 ini sudah terlalu banyak prestasinya. Sekolah Hijau, Sekolah Bersih, Sekolah macam-macam, sekarang bertambah lagi dengan Sekolah yang menerapkan Literasi Sekolah," tutur Wakil Wali Kota Palangka Raya, Mofit Saptono dalam sambutannya di hadapan siswa SMAN 4 Palangka Raya, Rabu (5/10/2016).

Mofit juga menuturkan bahwa pihaknya memiliki harapan yang besar untuk sekolah ini mengingat sekolah ini terbilang muda dibandingkan sekolah lainnya namun Pemkot punya harapan yang sama untuk seluruh sekolah.

"Terutama untuk jalan menuju sekolah ini harus ditingkatkan kualitasnya, nanti buat surat yang ditujukan kepada Wali Kota ya," pungkasnya.

Yeni Hayati, Kepala SMAN 4 Palangka Raya menyebut, Literasi Sekolah adalah sistem yang dilakukan yaitu upaya menenangkan dan membiasakan siswa untuk membaca buku selama 10 menit setiap harinya sebelum pelajaran dimulai.

"Jadi sepuluh menit pertama jam pelajaran siswa akan membaca dulu, selain agar suasana kelas menjadi lebih tenang, siswa juga akan terbiasa membaca. Sekarang kita sudah memiliki buku yang jumlahnya sama dengan jumlah siswa di sekolah ini yaitu 1.230 lebih. Tapi jika ada yang mau menyumbangkan buku untuk SMAN 4 Palangka Raya dipersilakan," ungkap Yeni.

Perayaan HUT ke-22 ini selain diisi dengan kegiatan formal, juga digelar aneka perlombaan sejak bulan September. Selain itu digelar juga kegiatan bazar di halaman sekolah yang menampilkan aneka produk olajan dari siswa SMAN 4 Palangka Raya di bawah 45 orang guru pembimbing. (TESTI PRISCILLA/N).

Berita Terbaru