Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Gunung Kidul Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DPRD Barito Timur Imbau Dinkes Persiapkan Fogging DBD

  • Oleh Amar Iswani
  • 06 Oktober 2016 - 12:54 WIB

BORNEONEWS, Barito Timur - Anggota DPRD Barito Timur, Unriu Ngubel mengimbau Dinas Kesehatan Bartim mempersiapkan fogging demam berdarah dengue (DBD). Pasalnya, saat ini telah memasuki musim hujan dan masyarakat biasanya rentan terhadap penyakit DBD.

"Oleh karena itu diharapkan agar Dinkes mempersiapkan segala kebutuhan dalam pencegahan penyakit DBD seperti penyuluhan dan lain sebagainya,"ucap  Unriu Ngubel kepada Borneonews di Kantor DPRD Bartim, di Tamiang Layang. Rabu, (5/10/2016). 

Bupati Bartim, Ampera AY Mebas mengimbau masyarakat agar waspada penyakit di musim penghujan, karena kebanyakan masyarakat rentan terkena penyakit dimaksud, khususnya bagi balita dan anak-anak. "Rentannya masyarakat terserang penyakit akibat debit air sungai, danau, rawa dan sumur meninggi."

Kondisi itu menyebabkan air rentan terkontaminasi bermacam bakteri dan terjadinya penggenangan air pada bak maupun sampah yang berpotensi menjadi sarang nyamuk DBD. Oleh sebab itu hendaknya masyarakat mewaspadai penyakit tersebut.

"Dengan cara tidak mengkonsumsi air tanpa direbus terlebih dahulu dan mengubur sampah serta menguras bak mandi dan menaburkan serbuk abate," ujarnya.

Selain DBD, masyarakat diimbau Ampera agar waspada penyakit lainnya seperti, muntaber,  flu, diare dan kolera serta penyakit musim penghujan lainnya dimaksud.

" Kewaspadaan itu dilakukan dengan cara menjaga kesehatan dengan berolahraga, mengatur pola makan serta hidup bersih dan sehat,"pungkasnya. (Amar Iswani/N).

Berita Terbaru