Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Jadi Destinasi Rally Sail Indonesia, Potensi Wisata Kotawaringin Barat Diharap Lebih Dikenal Dunia

  • Oleh Raden Aryo Wicaksono
  • 06 Oktober 2016 - 08:34 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Wilayah perairan Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) menjadi langganan destinasi kunjungan Rally Sail Indonesia. Di tahun ini, puluhan kunjungan wisatawan mancanegara peserta Rally Sail Indonesia 2016 akan disambut secara resmi lewat upacara penyambutan di halaman Rumah Betang Pasir Panjang, Kamis (6/10/2016). Lewat Rally Sail Indonesia ini, potensi pariwisata di Kobar diharapkan tersiar lebih luas di dunia wisata internasional.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kobar Gusti Immansyah menjelaskan, pada 2016 ini jumlah kapal yacht yang ikut serta dalam Rally Sail Indonesia 2016 dan berkunjung labuh-tambat di perairan Kobar mencapai 30 kapal dan seluruhnya sudah labuh tambat di perairan Sungai Kumai Kobar. Diperkirakan, jumlah turis mancanegara yang berkunjunga ke Kobar mencapai sekitar 70 orang. 

"Acara penyambutan berlangsung di halaman Rumah Betang Pasir Panjang, Kamis (5/10). Ada tarian melayu dan upacara potong pantan. Seluruhnya sekitar 70 turis yang datang. Sebagian juga kita undang menyaksikan Festival Keraton Nusantara (FKN) X 2016 9-12 Oktober nanti," ujar Gusti Immansyah, Rabu (5/10/2016). 

Kobar menjadi salah satu destinasi kunjungan, selain Lavina Bali-Semarang-Karimun Jawa. Ia berharap, sebagai salah satu destinasi tujuan Rally Sail Indonesia, Kobar memiliki keuntungan dalam hal promosi potensi wisata. Lewat rally sail ini, ia berharap potensi wisata Kobar bisa lebih luas dikenal dunia.

"Kita berharap, dengan menjadi salah satu destinasi tujuan Rally Sail Indonesia, potensi pariwisata di Kobar bisa lebih dikenal dunia. Imbasnya dapat menungkatkan peredaran uang di Kobar. Sehingga perekonomian masyarakat semakin meningkat," kata Gusti Immansyah, Rabu (5/10/2016).

Menurut Gusti Immansyah, hanya sejumlah pelabuhan tertentu saja yang menjadi destinasi rute Rally Sail Indonesia. Pelabuhan yang dikunjungi Rally Sail Indonesia dipilih melalui hasil koordinasi Asosiasi Sail Wisata Indonesia (Aswindo). Ia, Aswindo ini merupakan asosiasi yang dibentuk oleh 18 kepala daerah yang punya pelabuhan yang disinggahi kapal yacht dan cruise.

"Sekarang sudah ada 32 daerah yang menjadi anggota Aswindo. Rute Rally Sail Indonesia 2016 ini, Lavina Bali-Semarang-Karimun Jawa-Kumai Kobar. Kemudian dari Kobar rombongan sail akan melanjutkan pelayaran menuju Kalbar Jabu Sukadana. Pada tanggal 15 Oktober 2016 besok, Presiden akan meresmikan Sail Karimun Jawa. Kegiatan sail ini dibawah komando atau koordinasi Menko Kemaritiman," katanya, (RADEN ARYO/m)

Berita Terbaru