Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Ketapang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Satlantas Polres Gunung Mas Gencar Lakukan Dikmas ke SD dan TK

  • 13 Oktober 2016 - 16:16 WIB

BORNEONEWS, Gunung Mas - Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Gunung Mas gencar melakukan pendidikan masyarakat (Dikmas) terkait keselamatan berlalu lintas di jalan raya. Kali ini, sasarannya pelajar di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 5 Kuala Kurun dan Taman Kanak-Kanak (TK) Kristen Kuala Kurun, Rabu (12/10/2016).

"Ini sudah rutin kita lakukan di sekolah-sekolah agar para pelajar lebih paham lalu lintas," kata Kapolres Gumas, AKBP Ardiansyah Daulay melalui Kasat Lantas Polres Gumas, Iptu Hermanto kepada wartawan, di ruang kerjanya, Kamis (13/10/2016).

Menurut Hermanto, melalui kegiatan itu pihaknya mengajak anak-anak tertib dan disiplin dalam berlalu lintas sejak dini. Sehingga pemahaman terkait keselamatan berlalu lintas bisa terus ditingkatkan. "Anak-anak dari kedua sekolah mengikuti kegiatan dengan antusias."

Dalam pendidikan masyarakat ke SDN 5 dan TK Kristen, anggota Satlantas Polres Gumas dengan sabar mengenalkan murid-murid pada tanda-tanda rambu lalu lintas dan hal-hal terkait lalu lintas. Materi pembelajaran lalu lintas dilakukan dengan cara belajar sembari bermain.

"Pada kesempatan itu, kita mengingatkan supaya murid-murid tidak mengendarai kendaraan bermotor, karena belum memiliki SIM (surat izin mengemudi)," ucap Hermanto.

Larangan bagi anak di bawah umur mengendarai kendaraan, lanjut dia, lantaran anak-anak belum memiliki kecakapan dalam mengendarai kendaraan bermotor, sehingga dapat membahayakan diri sendiri dan juga membahayakan orang lain. 

"Diminta kepada masyarakat untuk dapat mengawasi anak, adik atau anggota keluarga untuk tidak membiarkan anak di bawah umur mengendarai kendaraan bermotor. Jika dilakukan pembiaran, perilaku tersebut nantinya akan menumbuhkan mentalitas melanggar aturan pada anak, jangka panjangnya perilaku melanggar aturan dapat terbawa hingga si anak dewasa," katanya.

Hermanto berharap, di Kabupaten Gumas selalu terselenggara keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelacaran berlalulintas (Kamseltibcarlantas), sehingga dapat mengurangi atau meminimalisir angka kecelakaan di jalan raya. "Jadilah pelopor keselamatan berlalu lintas dan budayakan keselamatan sebagai kebutuhan." (EPRA SENTOSA/N).

Berita Terbaru