Pemkab Sukamara Lanjutkan Pemasangan Tiang Listrik di Pantai Lunci

  • Oleh Norhasanah
  • 14 Oktober 2016 - 16:06 WIB

BORNEONEWS, Sukamara – Pemerintah Kabupaten Sukamara melalui Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi Pertambangan dan Energi (Perindagkoptamben) melanjutkan pembangunan tiang listrik dari Kecamatan Pantai Lunci menuju Kecamatan Jelai, sehingga nantinya listrik bisa terkoneksi dari ibu kota kabupaten. Proyek lanjutan ini menggunakan anggaran APBD Sukamara sebesar Rp700 juta.

“Pemasangan tiang listrik sudah mulai dikerjakan sejak satu minggu lalu, dan kemungkinan proyek ini selesai dikerjakan dalam satu bulan,” kata Kepala Dinas Perindagkoptamben Sukamara, Harapan Wahai, Kamis (13/10/2016).

Menurut dia pengerjaan lanjutan pemasangan tiang listrik tersebut tidak akan memakan waktu lama karena tiang yang dipasang sudah dalam jadi, sehingga pekerjaan yang dilakukan hanya memasang tiang tersebut kelokasi yang sudah ditentukan. â€œUntuk jumlah tiang yang dipasang kita tidak tahu yang jelas untuk proyek ini anggarannya memakan dana sebesar Rp700 juta” terang Kepala  Dinas Perindagkoptamben.

Wahai menjelaskan lanjutkan pemasangan tiang listrik ini bertujuan untuk menjangkau desa-desa yang saat ini belum mendapat aliran listrik 24 jam terutama berada diwilayah pesisir seperti Kecamatan Pantai Lunci dan Kecamatan Jelai.

“Tahun ini pembangunan jaringan diperkirakan akan sampai hingga wilayah Desa Sungai Damar Kecamatan Jelai, dan tahun berikutnya dari Desa Sungai Damar sampai Desa Sungai Raja,” ujar Harapan Wahai.

Selain itu juga, upaya mengatasi keterbatasan daya listrik yang ada di PT PLN Sukamara dalam memenuhi kebutuhan listrik masyarakat maka tambahan daya sebesar 3 Megawatt akan didapatkan dari salah satu perusahaan perkebunan kelapa sawit yang akan bekersama dengan pemerintah daerah Kabupaten Sukamara,

“Hasil kesepakatan pemerintah daerah Kabupaten Sukamara dengan salah satu perusahaan perkebunan kelapa sawit yang memiliki kelebihan daya nantinya akan membantu tambahan daya sebesar 3 Megawatt untuk memenuhi kebutuhan listrik masyarakat,” terang  Harapan Wahai.

Dengan adanya penambahan daya sebesar 3 Megawatt tersebut maka akan dapat memenuhi kebutuhan listrik di Kabupaten Sukamara yang saat ini masih mengalami keterbatasan daya dari PT PLN Sukamara.

“Bahkan dengan tambahan daya sebesar 3 Megawatt tersebut nantinya bisa memenuhi kebutuhan listrik untuk beberapa wilayah seperti Kecamatan Pantai Lunci, Kecamatan Jelai dan wilayah lainnya di Kabupaten Sukamara,” tutur Harapan Wahai. (NORHASANAH/N).

Berita Terbaru