Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Banjarbaru Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Polres Jamin Lima Tahapan Terpenting Pilkada Barsel Aman

  • Oleh Uriutu
  • 27 Oktober 2016 - 15:25 WIB

BORNEONEWS, Barito Selatan - Polres Barito Selatan menjamin lima tahapan terpenting pemilihan umum kepala daerah (Pilkada) Barito Selatan 2017 aman. Lima tahapan tersebut; pengamanan untuk terjaminnya pendistribusian kotak dan surat suara, pengamanan terhadap VIP atau kedua pasangan calon. Lalu, terjaminnya kegiatan kampanye, terjaminnya keamanan pelaksanaan pencoblosan dan penghitungan hasil pemungutan suara dan terjaminnya pelantikan pasangan terpilih, Maret 2017.

'Untuk melakukan pengamanan Pilkada Barsel 2017 secara keseluruhan, kami menyiapkan 560 personil anggota kepolisian dari Polres Barsel dan dibantu BKO Polda Kalteng,' kata Kapolres Barsel, AKBP Yussak Angga kepada Borneonews usai acara gelar pasukan pengamanan Pilkada Barsel di Mapolres lama, Rabu (26/10/2016).

Dari jumlah 560 personil tersebut, dari polres Barsel sebanyak 296 anggota polisi dan dari BKO Polda kalimantan Tengah sebanyak 264 anggota. 

Ia mengungkapkan, mereka ini nanti akan disebar di 320 tempat pemungutan suara (TPS) yang ada di 93 Desa pada enam kecamatan yang ada di Barito Selatan.

Pola pengamanannya, lanjut dia, berdasarkan keputusan Kapolri nomor 316/2008 tentang pola pengamanan di TPS-TPS berdasarkan tiga kriteria atau wilayah berdasarkan kategori keamanan.

Untuk daerah aman, dilakukan pengamanan dengan satu petugas polisi mengamankan tiga TPS dan dibantu enam orang anggota Linmas. 

Kemudian untuk daerah rawan satu, pola pengamanannya satu petugas Polri mengamankan dua TPS dibantu empat personil anggota Linmas.

'Dan untuk daerah rawan dua akan dilakukan pengamanan satu petugas Polri mengamankan satu TPS dibantu dengan dua petugas anggota Linmas,' jelas dia.

Selain itu, lanjut dia, pihaknya juga melakukan pengecekan lagi tentang kesiapan baik personil, sarana prasarana maupun fasilitas yang akan digunakan.

Ia berharap, kepada semua eleman pada Pilkada barsel 2017 ini untuk saling bekerjasama untuk menciptakan atau mewujudkan aman, tertib dan kondusif.

Ditempat yang sama, Bupati Barsel, H Mugeni mengatakan kegiatan gelar pasukan ini sangat penting yakni merupakan salah satu upaya untuk mengamankan serta mensukseskan Pilkada 2017. 'Kita mengucapkan terimakasih karena mereka pihak kepolisian sudah mengantisipasi dan menyiapkan diri untuk mengawal dan mengamankan proses pilkada ini,' ucap dia. 

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Bupati Barsel, H Mugeni, Sekda Edi Kristianto serta sejumlah SKPD dan kedua pasangan calon Bupati dan wakil Bupati. (Uriutu Djaper/N).

Berita Terbaru