Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tana Toraja Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

13 Desa Tertinggal di Pulang Pisau Perlu Penanganan Serius

  • Oleh James Donny
  • 29 Oktober 2016 - 16:49 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Kabupaten Pulang Pisau masih memiliki 13 desa berstatus tertinggal. Jumlah tersebut menurun dari sebelumnya yang mencapai hingga 19 desa tertinggal. Masih perlu upaya serius, strategi dan kebijakan Pemkab Pulang Pisau dalam program penanggulangan untuk mengentaskan wilayah tersebut ke depan.

"Kita masih harus kerja keras, dan ini perlu dilakukan bersama-sama dan saling bahu membahu, karena langkah-langkah penanggulangan kemiskinan tidak dapat ditangani sendiri oleh satu sektor tertentu, tetapi harus multisektor dengan melibatkan stakeholder terkait, untuk meningkatkan efektivitas pencapaian program yang dijalankan," tutur Wakil Bupati Pulang Pisau, Pudjirustaty Narang, Jumat (28/10/2016).

Pudjirustaty Narang meminta komitmen seluruh Kepala SKPD dalam upaya penanggulangan ini, dengan meningkatkan koordinasi, sinkronisasi untuk tercapainya sinergisitas. Progres pelaksanaan program penanggulangan kemiskinan ini kata Wabup harusn dilaporkan untuk menjadi bahan evaluasi dari hasil yang dilaksanakan pada program yang berjalan tahun ini.

Harapannya kebijakan dan program penanggulangan kemiskinan agar dapat mencapai tujuan dan sasaran. Penjabaran program kata dia harus ditingkatkan, baik ketahanan pangan, pelayanan kesehatan, pendidikan, peningkatan kesempatan kerja dan berusaha, perlindungan jaminan sosial, pemberdayaan masyarakat dan peningkatan usaha kesil dan mikro bagi masyarakat atau keluarga miskin.

Desa tertinggal yang harus di tanggulangi di Kabupaten Pulang Pisau itu, terdapat di Kecamatan Kahayan Kuala yakni Desa Cemantan, Desa Kiapak. Selanjutnya Kecamatan Sebangau Kuala, yakni Desa Paduran Mulia, Desa Sebangau Jaya, Desa Sebangau Mulia, Desa Sei Bakau, Desa Sei Hambawang. 

Sementara di Kecamatan Pandih Batu, Desa Karya.Desa Penda Barania di Kecamatan Kahayan Tengah. Kecamatan Banama Tingang yang masih bestatus desa tertinggal yakni  Desa Manen Paduran, Desa Manen Kaleka, Desa Hurung, Desa Tambak. (JAMES DONNY/N).

Berita Terbaru