Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Lima Puluh Kota Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Jalan Trans Kalimantan di Bukit Rawi Perlu Jembatan Layang

  • Oleh Wahyudi Hendra
  • 11 November 2016 - 05:11 WIB

BORNEONEWS, Palangka raya -- Hampir setiap tahun Jalan Trans Kalimantan, di wilayah Bukit Rawi, Kabupaten Pulang Pisau, menjadi langganan banjir saat musim hujan datang dan air pasang. Akibat banjir musiman itu, akses jalan yang menghubungkan Palangka Raya-Pulang Pisau-Gunung Mas, Kapuas dan Barito itu sering terhambat.

Menurut Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng), Sugianto Sabran, solusi untuk masalah tersebut hanya dibangunnya jembatan layang sepanjang 4-5 kilometer di area yang kerap tergenang banjir.

"Ngurus jalan ini aja tiap tahun. Rusak dan diperbaiki lagi, akhirnya anggaran habis. Jalan tergerus, rusak dan warga masyarakat terganggu. Nah untuk tahun 2017 kita coba anggarkan untuk pembuatan jembatan layang," kata Sugianto saat meninjau lokasi banjir tersebut, Kamis (10/11/2016) sore. 

"Akses jembatan ini semoga saja bisa diselesaikan segera dalam 2-3 tahun. Gambarannya 4,5 kilometer, dengan kisaran Rp400 miliar. Kalau bisa sempat dianggaran murni dan balai menyetujui, maka fokuskan untuk penanganan ini," lanjut gubernur.

Sugianto menambahkan, untuk jangka pendek, jalan-jalan yang berlubang dan rusak karena banjir, akan ditangani Dinas Pekerjaan Umum dengan penimbunan secara terukur.

"Nanti dinas terkait seperti Dinas PU Kalteng dan kabupaten untuk misalnya penimbunan dan perbaikan awal. Sembari nanti bersama menyampaikan kepada pihak Balai dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk mencanangkan anggaran pembangunan jembatan layang," bebernya.

Saat meninjau jalan itu, Gubernur didampingi pihak Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), dan Dinas PU Kalteng. "Kami upayakan untuk pelayanan warga masyarakat sekitar dan pengguna kendaraan di berbagai daerah. Agar bisa mengatasi masalah seperti ini kedepanya," ujar Sugianto.

Sugianto pun menyempatkan singgah ke Posko BPDB untuk mengecek beras bantuan bajir untuk masyarakat sekitar. (WAHYUDI HENDRA/B-10)

Berita Terbaru