Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Samarinda Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Hari Pahlawan Simbol Kebhinekaan Cinta Damai

  • Oleh Testi Priscilla
  • 16 November 2016 - 14:45 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Wali Kota Palangka Raya, HM Riban Satia mengajak seluruh warga Palangka Raya berkomitmen menjaga jati diri orang Dayak dalam menyikapi keberagaman, yaitu Huma Betang. Hari Pahlawan, 10 November 2016, seharusnya mampu menjadi simbol kebhinekaan NKRI yang dibingkai dalam motto Cinta Damai. Terlepas dari beberapa kejadian yang memicu konflik di beberapa daerah di Indonesia, Riban mengharapkan warga Kota Palangka Raya tetap memelihara rasa damai.

"Kita orang Dayak ini tinggal di Huma Betang yang prinsifnya tidak pernah mempermasalahkan perbedaan. Kita kumpul, sama-sama merasa kita ini saudara," ungkap Riban saat menyampaikan amanat dalam kegiatan Apel Kebhinekaan Cinta Damai bertajuk "Melalui Hikmah Hari Pahlawan ke-71 tahun 2016 Kita Tingkatkan iesadaran dan Partisipasi Masyarakat Guna Mewujudkan Persatuan dan Kesatuan NKRI yang Kokoh" di Halaman Kantor Wali Kota, Selasa (15/11/2016).

Demi mencegah sekecil apapun potensi konflik inilah Riban ingin agak seluruh elemen masyarakat ikut terlibat mengawasi agar munculnya riak kecil potensi konflik tidak dapat berkembang menjadi besar.

"Palangka Raya adalah tempat tinggal bersama, maka menjadi kewajiban kita bersama menjaga rasa aman, rasa nyaman kita tinggal di Palangka Raya. Kami yakin orang yang betul-betul merasa sebagai warga Kota Palangka Raya, dia tidak akan membiarkan sesuatu yang dapat menimbulkan situasi kurang nyaman hadir di tengah kita," pungkasnya.

Menurut hasil pemantauan aparat yang di lapangan, menurut Riban, kejadian di Jakarta tidak akan terlalu berdampak di Palangka Raya. Meski begitu Apel serentak di Indonesia ini juga dilaksanakan di wilayah hukum Palangka Raya yang diikuti FKPD, Seluruh Kepala SKPD, Kabag dan Camat, TNI/Polri dan PNS/PTT.

"Walaupun ada beberapa teman kita yang ikut berdemo di Jakarta kemarin jangan kita pancing-pancing komentarnya tapi mari kita bangun daerah kita ini dengan rasa milik bersama," tutupnya. (TESTI PRISCILLA/N).

Berita Terbaru