Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Lampung Selatan Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Orangutan Serang Kebun Warga, Proses Evakuasi Menegangkan

  • Oleh Budi Yulianto
  • 21 November 2016 - 21:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya Orangutan jantan berusia 15 tahun menyerang kebun warga di daerah Katune, Kelurahan Banturung, Kecamatan Bukit Batu, Palangka Raya, Sabtu (19/11/2016). Pihak Yayasan Borneo Orangutan Survival (BOS) Foundation Nyaru Menteng ke lokasi setelah menerima informasi. Petugas mengambil langkah-langkah untuk melumpuhkan. Dengan senjata tembak bius, petugas menaklukkan tingkat keliaran orangutan itu. Proses evakuasi orangutan itu, menegangkan.

Senin (21/11/2016), orangutan itu dilepasliarkan ke Taman Nasional Sebangau, bersamaan dengan satwa lainnya yakni beruang madu yang sempat menjalani rehabilitasi selama satu bulan, di Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalteng.

"Memang orangutannya agresif. Sempat mau ada perlawanan. Tapi justru lebih mudah karena jarak tembak menjadi dekat. Dugaan, karena kehilangan habitat akibat kebakaran hutan tahun lalu, " imbuhnya." ucap Staf Komunikasi Yayasan BOS Nyaru Menteng, Hermansyah kepada wartawan di BKSDA Kalteng, sebelum berangkat ke Taman Nasional Sebangau.

Dia menuturkan, ini merupakan orangutan ke-54 yang dipindakan dari area konflik menuju lokasi aman. Dari jumlah tersebut, sembilan orangutan dilepasliarkan ke Taman Nasional Sebangau sedangkan sisanya ke daerah Mantangai dan Rantau Opak.

Sementara itu, beruang jenis madu tersebut sempat menjalani rehabilitasi di BKSDA. Beruang berusia 6 tahun itu juga sama-sama dilepasliarkan ke Taman Nasional Sebangau. Beruang ini sangat liar sekali, ucap salah seorang pegawai BKSDA Kalteng. (BUDI YULIANTO/N).

Berita Terbaru