Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Muna Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

AMAN Kalteng Tegaskan Tata Ruang Tidak Jelas Rawan Konflik

  • Oleh Uriutu
  • 24 November 2016 - 13:38 WIB

BORNEONEWS, Buntok - Ketua Badan Pengurus Harian Aliansi Masyarakat Adat Nusantara Kalimantan Tengah (BPH AMAN Kalteng), Simpun Sampurna menegaskan, tata ruang wilayah yang tidak jelas, rawan memantik konflik di masyarakat. Contohnya, konflik pertambangan, perkebunan, pertanian dan lain-lain. Semuanya itu rata-rata benang merahnya terjadi karena batas atau titik tata ruang wilayah yang tidak jelas.

'Menyikapi hal itulah AMAN bersikap. Yang pasti AMAN bekerja ada garis konstitusi yang mengatur. Termasuk memberikan masukan kepada daerah terkait tata ruang wilayah sebagai salah satu landasan membuat peraturan daerah,' kata Ketua BPH AMAN Kalteng, Simpun Sampurna kepada Borneonews saat menghadiri Musda II AMAN Barito Selatan, di Hotel Afiat Jaya, Buntok, Kamis (24/11/2016).

Bupati Barito Selatan, H Mugeni sangat mengapresiasi Musda II AMAN Barito Selatan yang sekaligus dirangkaikan dengan kegiatan seminar tersebut. Pada intinya, Mugeni berharap hasil Musda Aman II Barito Selatan bisa menghasilkan sesuatu yang positif bagi tatanan masyarakat adat, terutama diwilayah kabupaten Barito Selatan itu sendiri.

'Yang pasti pemerintah Barito Selatan, terus mengakomodir terkait masyarakat adat, sehingga sendi-sendi adat itu bisa berjalan sebagaimana mestinya,' ucap Mugeni.

Sementara dalam laporannya, Ketua Aman Barito Selatan Agus Irawanto yang juga ketua panpel Musda II mengatakan, agenda Musda II selain untuk memilih kepengurusan baru 2016 ' 2021, juga sekaligus menyusun program kerja untuk lima tahun ke depan. (Uriutu Djaper/N).

Berita Terbaru