Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Rembang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Gagas Event Regional Baris-berbaris untuk Menarik Wisatawan'

  • Oleh Rafiuddin
  • 28 Desember 2016 - 13:56 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur menggagas event tingkat regional baris-berbaris untuk menarik wisatawan berkunjung ke Kota Sampit. Kabupaten yang dipimpin Bupati Supian Hadi itu, bertekad menjadikan Sampit sebagai kota tujuan wisata.

"'Langkah lain yang akan dilakukan untuk dapat menarik wisatawan datang ke Sampit yaitu dengan menggelar event tingkat Provinsi Kalimantan Tengah, seperti lomba pasukan baris berbaris pada 2017," kata Wakil Bupati Kotawaringin Timur, M Taufiq Mukri, di Sampit, Selasa (27/12/2016).

Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur terus berupaya menjadikan Sampit sebagai kota tujuan wisata. Untuk mendukung terwujudnya kota wisata serta menarik wisatawan adalah dengan melakukan promosi, khususnya terhadap tempat atau event-event kebudayaan yang digelar di daerah ini.

"Bukan hanya event lomba baris-berbaris. Kami juga berencana mengadakan peringatan hari guru tingkat Kalteng yang juga diadakan di Kotim. Untuk mewujudkan itu tentunya perlu berkoordinasi dengan pemerintah provinsi Kalteng," katanya.

Menurut Taufiq Mukri hal itu sebagai salah satu cara untuk mendatangkan wisatawan luar daerah ke Sampit. Dengan begitu diharapkan mereka yang pernah berkunjung dapat menginformasikan kepada sanak saudara serta kerabat, bahwa Kota Sampit layak dijadikan sebagai tujuan wisata.

Terkait kesiapan wisata di Kotim, Taufiq Mukri menyebut bahwa 'daerah ini sudah cukup siap menjadi tempat tujuan wisata. Namun masih ada beberapa hal yang perlu dibenahi, seperti pantai Ujung Pandaran, Ikon Jelawat, Taman Kota, Bundaran serta ruang terbuka hijau.

Bupati Kotim, Supian Hadi juga meminta kepada SKPD menggencarkan promosi paket wisata dan budaya. Sebab, tanpa adanya promosi yang terus menrus, pariwisata sulit dikenal dan diketahui para wisatawan. Baik wisatawan regional, nasional, apalagi wisatawan mancanegara.

"Perli dilakukan promosi yang moderen, unik dan menarik untuk menarik simpati wisatawan atang ke Kotawaringin Timur," kata Supian Hadi.

Sektor pariwisata Kotim berpotensi menjadi lebih maju dan dikenal para wisatawan. Namun untuk mewujudkan itu, aa syarat yang harus dipenuhi. Promosi lebih intensif diperlukan agar para wisatawan datang ke daerah ini.

Beberapa tahun terakhir ini pemerontah Kabupaten Kotim getol mengembangkan sektor pariwisata. Dengan harapan, ke depan Kotim akan menjadi kota tujuan wisata andalan di Kalimantan Tengah.

Meski daerah itu memiliki sumber daya alam yang melimpah, seperti pertambangan, kehutanan dan perkebunan, tidak bisa terus menerus diandalkan. Selain bisa habis, ada kalanya harga komoditas anjlok dan sektor itu lesu seperti yang terjadi pada sektor pertambangan saat ini.

Sudah banyak daerah yang membuktikan sektor pariwisata bisa diandalkan untuk menopang perekonomian daerah dan masyarakat. Apalagi potensi wisata alam, budaya, kuliner dan hiburan di Kotim juga sangat bagus sehingga layak untuk dikembangkan. (RAFIUDIN/N).

Berita Terbaru