Software Manajemen Relawan Pilkada 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Limbah PT Korindo Diduga Cemari Permukiman

  • Oleh Koko Sulistyo
  • 03 Januari 2017 - 14:52 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Warga sekitar pabrik PT Korindo Ariabima Sari di Kelurahan Mendawai, Kecamatan Arut Selatan, Kabupaten Kotawaringin Barat mengeluhkan abu hitam sisa pembakaran yang dihasilkan perusahaan tersbeut.

Limbah pembakaran tersebut diduga mulai mencemari permukiman warga sejak 2005. Warga RT 11 A dan 11 B yang merupakan kawasan yang berbatasan langsung dengan perusahaan merupakan wilayah yang paling terdampak akibat abu hitam.

Bukan saja pekarangan dan jemuran warga yang menjadi kotor, warga juga menderita gatal-gatal akibat abu sisa pembakaran berbagai jenis kayu tersebut.

Menurut warga, hujan abu itu sangat dirasakan apabila angin bertiup ke arah pemukiman. Alagi di musim kemarau setiap tiga jam warga harus menyapu pekarangan rumahnya kalau tidak ingin melihat halaman dan terasnya tertutup debu.

" Biasanya kalau angin bertiup ke arah pemukiman maka partikel debu itu terbawa dan turun di rumah bahkan menempel di kulit yang menyebabkan gatal-gatal," ata Oder warga RT 11 dikediamannya, Selasa (3/1/2017).

Hal serupa juga diungkapkan Ojong warga RT 11 A, Kelurahan Mendawai, menurutnya abu sisa pembakaran yang keluar dari boiler berupa asap hitam pekat itu abunya terbawa angin hingga radius satu kilometer, bahkan ia pernah menjumpai abu itu mencapai pasar Indra Kencana.

Sayang, manajemen PT Korindo Ariabima Sari belum bisa dimintai konfirmasi. (KOKO SULISTYO/B-2)

Berita Terbaru