Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tojo Una-Una Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Jalur Haoling PT Bumi Barito di Bartim Tetap Diportal Warga

  • Oleh Amar Iswani
  • 06 Januari 2017 - 07:40 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Aktivitas haoling PT Bumi Barito yang diportal warga Desa Dorong, Kecamatan Dusun Timur, Barito Timur di ujung jalan kampung.

Pemortalan jalan yang telah dilakukan warga itu disampaikan Pj Kades Desa Dorong, Ucerman lantaran warga geram dengan aktivitas haoling PT Bumi Barito yang menggunakan jalur haoling pada tanah warga yang telah menghibahkan tanah dimaksud bagi jalan desa.

"Lantaran tidak adanya kesepakatan masalah tanah itu dijadikan jalur haoling, makanya masyarakat memportal aktivitas haoling perusahaan," kata Ucerman kepada Borneonews.co.id, Kamis (5/1/2017) pukul 20.25 WIB seusai mediasi selesai.

Setahu kades sebelumnya pihak manajemen perusahaan PT Bumi Barito sempat meminta izin kepadanya untuk menggunakan jalan desa guna dijadikan jalur haoling.

"Namun saya tidak berani memberikan izin atau tidak punya hak karena tanahnya sudah dihibahkan masyarakat untuk dijadikan jalan desa," ucapya.

Dia mengungkapkan jalan desa yang dijadikan aktivitas haoling PT Bumi Barito dari simpang Tampeng hingga tambang sebenarnya sudah dihibahkan oleh pemilik tanah untuk jalan masyarakat. Saat itu dia juga sudah memberitahu kepada perusahaan mengenai status jalan tersebut.

"Seumpama masyarakat mengizinkan silahkan saja menggunakan jalan itu untuk lajur haoling. Setelah pihak perusahaan melakukan komunikasi dengan masyarakat ternyata masyarakat menyetujuinya untuk dijadikan lajur haoling," tuturnya.

Iston, perwakilan masyarakat telah dipanggil pihak perusahaan, namun nyatanya pihak perusahaan malah menyelonong haoling tanpa ada kesepakatan dengan pihak penghibah tanah.

"Akibat dari aktivitas haoling itu masyarakat memportal jalur haoling dan sempat menahan tiga unit truk bermuatan batu bara di ujung kampung," jelasnya. (AMAR ISWANI/B-6)

Berita Terbaru