Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tiwah Keluarga Sajie Digelar Awal Juli

  • Oleh Roni Sahala
  • 09 Januari 2017 - 17:14 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ritual Tiwah keluarga Sajie (37), warga Jalan Sinar Kahayan Kota Palangka Raya digelar pada Juli nanti. Hal ini didasarkan pada perhitungan waktu Basir adat Dayak.

"Berdasarkan hitungan saat Manenung, tiwah digelar pada Senin pertama bulan Juli," kata Sajie di kediamannya, Senin (9/1/2017).

Kata Sajie, dia akan meniwahkan alamarhum ayahnya Sahidar Jinu dan Siti Bakar. Hal ini untuk mengantarkan roh kedua orangtuanya yang meninggal pada 2014 dan 2015 lalu itu ke Lewu Tatau atau surga dalam kepercayaan Kaharingan.

Adapun penentuan tanggal ini didasarkan dari ritual Manenung atau bertanya ke roh leluhur. Bahkan dari ritual ini didapatkan dimana lokasi upacara harus dilaksanakan.

"Menanyakan tempat dilaksanakan dan tanggalnya. Karena kalau sembarangan kita dan keluarga bisa tertimpa sial bahkan kematian," jelas Sajie didampingi istrinya, Santi.

Untuk menggelar upacara ini kata Sajie biaya yang dibutuhkan juga cukup besar sampai ratusan juta rupiah. Karena untuk orang yang ditiwahkan dibutuhkan hewn sembelih berupa babi atau kerbau. (RONI SAHALA/B-8)

Berita Terbaru