Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bengkulu Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pembicaraan Pemindahan Ibukota RI ke Kalteng Makin Serius

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 11 Januari 2017 - 20:08 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya ' PEMBICARAAN rencana pemindahan Ibukota Pemerintahan RI ke Kalimantan Tengah (Kalteng) makin intensif. Ini menandakan seriusnya wacana itu menuju langkah konkret.

Apalagi kedatangan Presiden RI Joko Widodo ke Kalteng bulan lalu menekankan agar hal tersebut segera ditindaklanjuti. Informasi terkini, Gubernur Kalteng dan jajarannya diminta untuk mempresentasikan langkah perecepatan persiapan menuju Ibukota Pemerintahan RI tersebut dengan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang P.S Brodjonegoro dan jajaran di ruang rapat Kementerian PPN/Bappenas, Rabu (11/1/2017).

Gubernur Kalteng Sugianto Sabran dalam kesempatan tersebut memberikan paparan terkait program dan kegiatan strategis dalam rangka mendukung penyiapan rencana Ibukota Pemerintahan NKRI di Provinsi Kalteng.

'Berkenaan dengan wacana Palangka Raya sebagai Ibukota Pemerintahan Negara Republik Indonesia, sebagaimana terakhir ditegaskan oleh Presiden Republik Indonesia saat kunjungan ke Palangka Raya dalam rangka HKSN tgl 20 Desember 2016, untuk mendukung rencana tersebut, kita sampaikan langkah-langkah yang kita lakukan,' kata Gubernur Sugianto kepada Borneonews, Rabu (11/01/2017) usai pertemuan berakhir.

Disebutkan Sugianto, langkah-langkah yang sudah diambil dan yang direncanakan Pemprov Kalteng, antara lain pertama, melakukan identifikasi lokasi, diantaranya mengkaji status lahan dan letak (kawasan), serta melakukan sinkronisasi dengan kabupaten/kota.

Kedua, mencadangkan lahan untuk rencana lokasi ibukota NKRI seluas 300.000 sampai 500.000 hektare (ha), mencakup 3 (tiga) wilayah administrasi, yakni Kabupaten Katingan, Gunung Mas dan Kota Palangka Raya.

'Presiden dan Kepala Bappenas meminta agar dipersiapkan dari sekarang tentang infrastruktur dan fasilitas lainnya,' imbuh Gubenur muda ini. (M ROZIQIN/B-8)

Berita Terbaru