Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Blora Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemadam Kebakaran Barito Selatan Keluhkan Hidran Air tidak Berfungsi

  • Oleh Uriutu
  • 12 Januari 2017 - 18:50 WIB

BORNEONEWS, Buntok ' Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Barito Selatan (Barsel) mengeluhkan hidran air dalam Kota Buntok yang tidak berfungsi.

'Acap kali setiap ada kejadian kebakaran, kami sulit mencari sumber air. Kita harus bolak balik mengisi air ke sumber air terdekat dari lokasi kebakaran,' kata Kasi Operasional Pemadam Kebakaran pada kantor Satpol PP dan Pemadam Kebakaran Barsel, Untung Purbaya, Kamis (12/1/2017).

Padahal, lanjutnya, jumlah hidran air di Kota Buntok ada sebanyak 27 titik. Hanya, sebagian besar hidran tersebut tidak berfungsi sama sekali.

Ia mengatakan, meski beberapa hidran masih berfungsi, airnya tidak lancar. Dengan begitu, anggota Damkar terpaksa bolak balik menyedot air ke tangki mobil di saat ada kebakaran.

Karena harus bolak-balik ke sumber air, Damkar pun sering kesulitan mencegah merembetnya api. Apalagi saat musim kemarau.

'Lambatnya pasokan air dari hidran disebabkan diameter pipanya tidak memenuhi standard. Selain itu, pipa hidran menjadi satu dengan pipa air PDAM,' sebut dia. (URIUTU DJAPER/B-3)

Berita Terbaru