Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Teluk Bintuni Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pantai Ujung Pandaran Abrasi, DPRD Kotim Dorong Pemkab Upayakan Bantuan Pusat

  • Oleh M. Rifqi
  • 16 Januari 2017 - 12:28 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Pantai Ujung Pandaran, Kecamatan Teluk Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur, salah satu destinasi wisata andalan Kotim, menghadapi masalah abrasi. Pengikisan daratan akibat terjangan ombak itu, melanda hampir sebagian besar garis pantai. Kalangan DPRD Kotim mendorong Pemkab Kotawaringin Timur mengupayakan bantuan pusat untuk mengatasinya.

Hal tersebut menjadi sorotan Komisi IV DPRD Kotim. Komisi yang membidangi pembangunan dan infrastruktur itu meminta pemkab setempat segera berkoordinasi dan mengupayakan bantuan dari pemerintah pusat untuk mengatasi masalah tersebut.

Ketua Komisi IV DPRD Kotim, Jainudin Karim, mengatakan abrasi pantai tidak bisa dibiarkan sebab dikhawatirkan akan semakin meluas. Penanganannya melalui instansi terkait dipastikan tidak akan masimal. Sebab, penanganan masalah abrasi membutuhkan anggaran yang cukup besar.

'Abrasi pantai sudah begitu panjang, tetapi pemkab dengan kemampuan anggaran daerah hanya mampu membangun pemecah ombak beberapa ratus meter. Tentu saja ini tidak efektif,' kata dia, Senin (16/1/2017).

Karena itu, politisi Partai Gerindra itu meminta pemkab segera beroordinasi dengan pemerintah pusat. Sehingga penanganan abrasi pantai bisa dilakukan pemerintah pusat dan hasilnya pun lebih efektif.

'Kami harapkan upaya meminta bantuan dari pemerintah pusat itu juga dibantu anggota DPR RI dari daerah pemilihan Kalimantan Tengah, sehingga ikut mendorong pemerintah pusat menangani abrasi pantai di Kabupaten Kotim,' ujar dia.

Pantai Ujung Pandaran merupakan salah satu objek wisata di Kabupaten Kotim yang selalu ramai pengunjung terutama saat musim libur. Selain wisata pantai di kawasan itu juga terdapat wisata religi Makam Ulama Syekh Abu Hamid. (M. RIFQI/N).

Berita Terbaru