Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Blitar Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Harga Tinggi, Udang Galah di Sungai Mentaya Diburu Pemancing

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 18 Januari 2017 - 16:01 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Udang galah yang selama ini dikenal berharga tinggi menjadi salah satu buruan warga Sampit di Sungai Mentaya.

"Saat ini harga udang tinggi. Itulah yang menjadi dasar kami untuk berburunya," ujar Noor Hidayat, salah satu warga Desa Pelangsian, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, Kotim, Rabu (18/1/2017).

Saat ini harga udang jenis tersebut di pasaran tergolong tinggi sesuai dengan ukuran dan tingkat kesegarannya. Untuk udang galah dengan ukuran besar harganya mencapai Rp150 ribu per kilogramnya, sedangkan untuk yang berukuran sedang dijual Rp100 ribu per kilogram dan yang kecil seharga Rp80 ribu per kilogram.

'Saat ini sepertinya sudah mulai musim udang galah, banyak nelayan yang memancing udang galah di Sungai Mentaya,' ucap Hidayat.

Disampaikannya, tingginya harga udang galah karena pasokan yang terbatas. Selain itu, banyak yang membeli untuk dikirim ke luar daerah, seperti Jakarta atau Surabaya.

'Kalau banyak pasokan dari nelayan, ada yang dikirim ke luar daerah menggunakan pesawat. Namun kalau lagi tidak musim biasanya dijual ke pasar lokal saja,' kata Fazriannoor, salah satu pedagang ikan di Pusat Perbelanjaan Mentaya (PPM) Sampit. (MUHAMMAD HAMIM/B-11)

Berita Terbaru