Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Makassar Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Baru Tiga Kecamatan, Dinsos Lamandau Terus Usulkan Dana PKH ke Kemensos

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 23 Januari 2017 - 17:17 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Hingga akhir tahun 2016 tercatat ada 553 sasaran yang masuk kategori Keluarga Sangat Miskin (KSM) yang menerima bantuan dana Program Keluarga Harapan (PKH) Kemensos RI.

Jumlah sasaran tersebut hanyalah masyarakat yang tersebar di tiga kecamatan dari delapan kecamatan yang ada di Kabupaten Lamandau. Karenanya, Dinsos setempat terus berupaya mengusulkan tambahan sasaran penerima PKH.

"Hingga saat ini memang baru 553 sasaran dan sebarannya baru di tiga kecamatan, karenanya kami (Dinsos) akan terus-menerus mengusulkannya kepada kementrian setiap tahun," ungkap Kadinsos Lamandau, Endang Rustiningsih, melalui Kepala Seksie Jaminan Sosial Keluarga, Yenny Rafiqah, Senin (23/1/2017).

Yenny menyebut, jumlah sasaran yang tercatat hingga saat ini, penambahannya selalu bertahap, seperti data sasaran yang baru masuk tahanp IV pada Desember 2016, dimana ada 171 sasaran baru untuk masyarakat di tiga kecamatan, yakni Delang, Lamandau dan kecamatan Bulik Timur.

"Hampir tiap tahun data sasaran atau penerima PKH mengalami perubahan, baik itu bertambah atau bahkan berkurang. Untuk yang menentukan jumlah sasaran di tiap tahunnya adalah Kemensos, melalui berbagai pertimbangan termasuk data BPS (Badan Pusat Statistik)," ungkapnya.

Namun, terang Yenny, pihaknya tak henti-hentinya mengusulkan penambahannya di tiap tahun anggaran.

"Tiap tahun selalu kita usulkan agar ada penambahan baik secara jumlah maupun wilayah sasarannya. Hingga tahun 2016 lalu ini memang baru tiga kecamatan, harapan kita di tahun 2017 dan berikutnya masyarakat kurang mampu di kecamatan lainpun bisa dapat," harapnya. (HENDY NURFALAH/B-5)

Berita Terbaru