Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Trenggalek Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

SDN V MB Hilir Sampit Gelar Pameran Kerajinan, Apa Saja yang Ditampilkan

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 28 Januari 2017 - 16:11 WIB

BORNEONEWS. Sampit - Sekolah Dasar (SD) Negeri V Mentawa Baru Hilir, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) menggelar pameran mini hasil dari kerajinan muridnya, Sabtu (28/1/2017).

Ratusan hasil kerajinan murid di sekolah itu dipajang di salah satu ruang kelas. Beragam karya yang ditampilkan, mulai dari miniatur rumah yang terbuat dari stik bekas es krim, karangan bunga dari sedotan, tas plastik dari limbah gelas air mineral, topi, bingaki foto, pot bunga, hingga lampu tidur.

Kepala Sekolah SDN V Hasim mengatakan, ratusan kerajinan yang dipamerkan itu merupakan hasil karya anak didiknya, yakni mulai dari siswa klas IV hingga IV.

"Semua yang dipamerkan akan kami selesksi lagi, dan rencananya akan diikutkan lomba di ajang yang lebih tinggi," ujar Hasim, Sabtu (28/1/2017).

Selain hasil harya murid, ada juga kerajinan hasil karya guru yang dipamerkan pada kesempatan itu. Karya para guru itu nantinya akan diajarkan kepada murid mereka  agar keterampilan tersebut bisa menghasilkan sebuah karya yang berharga.

"Kami harap ini jadi salah satu minat murid untuk belajar membuat kerajinan, sehingga nanti bisa diterapkan dalam kehidupan, dan bisa menjadikan penghasilan bagi mereka," harap Hasim.

Pameran mini kerajinan murid karya itu akan rutin digelar setiap tahunnya, dan diharapkan semakin meriah lagi. Hal itu sebagai sarana pelajar  dalam mewadahi apa yang telah mereka buat untuk dipamerkan.

Pameran itupun membuat Lurah Mentawa Baru Hilir, Maya Annisa Lestari tersekesan. Ia berharap bisa menjadi contoh bagi sekolah lainnya. Karena dengan adanya kerajina ini, sangat berarti bagi ilmu dan keterampilan anak.

"Ini adalah salah satu cara untuk memberikan keterampilan bagi anak, sehingga mereka bisa bermain sambil membuat karya yang beemanfaat," ungkap Maya. (M HAMIM/B-5)

Berita Terbaru