Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Terus Merugi, Dewan Minta Kinerja PDIM Dievaluasi

  • Oleh Testi Priscilla
  • 30 Januari 2017 - 17:49 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ketua DPRD Kota Palangka Raya Sigit K Yunianto, mengatakan bahwa sejak dulu pihaknya telah meminta Pemerintah Kota (Pemkot) Palangka Raya untuk mengevaluasi kinerja Perusahaan Daerah Isen Mulang (PDIM).

Hal ini dikemukannya menanggapi ketidakmampuan perusahaan daerah ini dalam memberi pemasukan bagi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Palangka Raya. Bahkan PDIM justru terus menggerogoti anggaran Pemkot Palangka Raya dengan meminta penyertaan modal setiap tahun. Celakanya, PIDM bukan untung namun merugi hingga Rp54 juta setiap bulannya.

"Sudah sejak dulu PDIM ini saya minta dievaluasi. Sebenarnya ada PDIM ini bagus cuma apa usaha yang bisa dikembangkan, jangan malah tidak ada perputaran modal dan feedback-nya seperti ini," ungkap Sigit saat ditemui Borneonews di ruang kerjanya, Senin (30/1/2017).

Ia menjelaskan penyertaan modal yang diberikan Pemkot Palangka Raya oada kisaran Rp1 Miliar hingga Rp1,5 Miliar harusnya bisa dimanfaatkan PDIM sebaik-baiknya, bukannya terus meminta Pemkot menambah jumlahnya.

"Seumpama dimodalin Rp1 M bisa tidak dia kasih kembalian. Kalau dia permasalahkan modal, harusnya kinerjanya tunjukan dulu, tunjukkan dulu profitnya bagaimana Kalau dengan dana yang sedikit saja tidak bisa diusahakan, mana mungkin pemerintah mau mempercayakan modal yang besar," cetus Sigit.

Seharusnya, kata Sigit, perusahaan daerah jangan sampai membebani pemerintah. Justru Perusda diharapkan bisa memberikan profit bagi daerah. Sehingga, anggaran daerah tidak sekedar dibuang-buang percuma dalam bentuk penyertaan modal tanpa ada profit yang bisa dihasilkan. (TESTI PRISCILLA/B-8)

Berita Terbaru