Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Wonosobo Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Buruh Menuntut Keadilan dengan Aksi Mogok Makan

  • Oleh Roni Sahala
  • 31 Januari 2017 - 19:46 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Sekitar 30 orang buruh perkebunan kelapa sawit menggelar aksi mogok makan di Bundaran Besar Palangka Raya. Dengan aksi itu, mereka berharap negara bereaksi.

Aksi dimulai Selasa (31/1/2017) pagi. Aksi itu Dilatarbelakangi perasaan teraniaya akibat kesewenang-wenangan dan pembodohan yang diduga dilakukan perusahaan tempat mereka bekerja.

Sejumlah buruh mengaku, diberhentikan begitu saja tanpa prosedur yang benar. Ditambah lagi, hak mereka sebagai roda utama bergeraknya industri itu selama ini, tak dipenuhi.

Mewakili para buruh, Ketua Koordinator Wilayah Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (SBSI) Kalimantan Tengah, Hatir Sata Tarigan menceritakan, aksi itu untuk sekitar 500 orang buruh.

"Mereka (buruh yang melakukan aksi mogok makan) mewakili 470 buruh lainnya. Tuntutan mereka sederhana, tunaikan hak buruh yang sudah diamanatkan undang-undang," kata Hatir, Selasa (31/1/2017) malam.

Mereka berharap negara dalam hal ini bereaksi dengan memberikan tindakan kepada perusahaan. Pasalnya, hal ini sudah kerap kali terjadi dan Pemerintah Daerah sebagai perpanjangan tangan negara tak bertindak apa-apa.

Buruh yang menggelar aksi dari PT Surya Inti Sawit Kahuripan (SISK) Makin Group di Kabupaten Kotawaringin Timur. Diantara para buruh yang menggelar aksi, diantaranya ada korban dugaan penganiayaan oleh oknum perusahaan. (RONI SAHALA/B-8)

 Ketua Koordinator Wilayah Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (SBSI) Kalimantan Tengah, Hatir Sata Tarigan.

Berita Terbaru