Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tabanan Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Petakan Daerah Merah Kuning Hijau Potensi Karhutla, Ini Penjelasan Dandim Kuala Kapuas

  • Oleh Djimmy Napoleon
  • 31 Januari 2017 - 20:36 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Komandan Kodim (Dandim) 1011/Kuala Kapuas Letkol Inf Akhmad Syaikhu menegaskan pihaknya memiliki beberapa strategi untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Salah satunya adalah memetakan daerah yang rawan terjadi karhutla.

Daerah merah adalah daerah yang kemungkinan besar terjadi kebakaran, daerah kuning yang mungkin terjadi kebakaran dan tanda hijau adalah daerah yang aman. Kita harus bisa memetakan daerah-daerah tersebut, kata Ahmad Syaikhu, Selasa (31/1/2017).

Terkait itu, Syaikhu menekankan agar semua instansi terkait agar meningkatkan kewaspadaan atau tidak boleh lengah di daerah yang rawan terjadi karhutla.

Ada beberapa cara, menurut dandim, yang bisa mencegah terjadinya karhutla, di antaranya membuat sekat-sekat kanal, embung dan kantong air yang berfungsi menyimpan air pada musim hujan seperti di daerah gambut. Cadangan air itulah yang berguna saat musim kemarau. 

"Cara lainnya memasang sumur bor pada titik-titik terjadinya kebakaran dan melakukan patroli untuk kesiapan serta kesiagaan dalam melihat potensi-potensi karhutla di daerah yang dipetakan," pungkas Syaikhu. (DJIMMY NAPOLEON/B-11)

Berita Terbaru