Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Warofen Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ketua Kwarcab Pramuka Lamandau Kutip Lagu Iwan Fals saat Beri Wejangan di Pernikahan Unik

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 01 Februari 2017 - 18:20 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Ketua Kwartir Cabang Pramuka Kabupaten Lamandau, Mahruni, tampil beda saat menghadiri dan menjadi pembina upacara pada prosesi penikahan ala pramuka yang digelar anggotanya Farid Aji Wicaksono dan Ika Wulan Sari.

Farid dan Ikan adalah anggota pramuka dengan pangkat Pembina Mahir Lanjutan di Kwarcab Pramuka Lamandau, yang resmi menikah pada Rabu (1/2/2017), di Desa Bukit Harum, kecamatan Menthobi Raya.

Meskipun sepanjang prosesi pernikahan dengan tradisi tongkat pora tersebut berlangsung dengan suasana cenderung sangat khidmat dan sakral, namun memasuki prosesi pemberian wejangan, pesan Ketua Kwarcab justru disambut riuh hadirin yang hadir, terlebih disaat dirinya melantunkan potongan sya'ir dari salahsatu lagu milik Iwan Fals yang berjudul 'Seperti Matahari'.

"Untuk kak Aji, saya tak akan panjang lebar, saya akan sampaikan petikan syair dari salah satu lagu dari Iwan Fals, nanti silahkan renungi," katanya.

Dengan penuh percaya diri, saat itu Mahruni kemudian melantunkannya :

Keinginan adalah sumber penderitaan

Tempatnya di dalam fikiran

Tujuan bukan utama

Yang utama adalah prosesnya"

Ingin bahagia derita didapat

Karena ingin sumber derita

Harta dunia jadi penggoda

Membuat miskin jiwa kita,

Dirinya juga mengulas, menjadi manusia dalam hal ini termasuk pasangan suami isteri pramuka harus memiliki manfaat bagi alam semesta.

Termasuk, kata dia, menghindari hal-hal tidak bermanfaat yang sifatnya sementara, berbuat dan berinovasilah mulai dari hal kecil. Berjiwa besar dan jangan pernah silau dengan godaan-godaan yang dapat merusak nilai-nilai kepramukaan.

Selebihnya, Mahruni berharap agar kedua mempelai yang resmi menikah dengan cara agama, negara dan tradisi tongkat pora ala pramuka, tetap terus eksis menjaga dan menebarkan nilai-nilai pramuka.

"Jadikan pramuka sebagai salahsatu pedoman dalam mengarungi bahtera rumah tangga, berilah contoh kepada adik-adikmu," ujarnya. (HENDY NURFALAH/B-11)

Berita Terbaru