Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Morowali Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Angka Pengangguran di Kobar kian Meningkat

  • Oleh Cecep Herdi
  • 03 Februari 2017 - 22:00 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) sejak 2015 memiliki jumlah pengangguran sebanyak 2.642 orang, tahun 2016 jumlah itu semakin meningkat 2,2%.

"Kendalanya banyak perusahaan yang nakal, tidak melaporkan informasi lowongan pekerjaannya kepada Disnakertrans," kata Kepala Disnakertrans Kobar, Ahmad Yadi.

Program penekanan tingkat pengangguran di dinas yang menangani pun nampak tak bergerak. Jumlah pengangguran kian meningkat, banyak karyawan yang diberhentikan dari perusahaan dengan alasan pengurangan tenaga kerja. Ditambah lulusan SMA/sederajat serta sarjana setiap tahun semakin menumpuk dan tak tersalurkan.

"Tahun lalu juga surat edaran dari bupati, untuk perusahaan wajib melaporkan informasi lowongan kerja sudah kami sebar, dan ada beberapa perusahaan yang sudah kami tegur," jelasnya.

Kurang terbukanya informasi lowongan kerja dari perusahaan-perusahaan menjadi dasar alasan Disnakertrans berkelit tak sanggup memecah persoalan pengangguran. Selain itu, banyak perusahaan juga yang beranggapan jika ekonomi tengah lesu sehingga perusahaan terpaksa mengurangi jumlah pekerjanya.

"Ekonomi memang sedang sulit, bukannya nambah lowongan kerja, yang ada saja dikurangi," kata salah seorang manager perusahaan besar swasta (PBS) Kelapa Sawit di Kobar, Arifin. (CECEP HERDI/B-2)

Berita Terbaru