Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Karo Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Camat Baamang Inginkan Warga Lakukan Cara ini Untuk Kemajuan Pembangunan

  • Oleh Rian Nafarin Luffi
  • 05 Februari 2017 - 17:22 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Camat Baamang, Yusransyah mengharapkan partisipasi warga dalam pembangunan. Salah satu caranya dengan rajin membayar pajak seperti pajak bumi dan bangunan (PBB).

Dijelaskannya, sikap rutin membayar pajak akan mempengaruhi pada peningkatan anggaran daeraeh. Tentunya membantu kemajuan pembangunan.

"Untuk itu, pendataan kembali terhadap objek-obje pajak masyarakat bisa dilakukan bersama RT/RW dan kelurahan. Sekarang pasti ada yang dulunya tanah sudah didirikan bangunan, dan sebagainya," ucapnya.

Sebab saat ini, rata-rata masyarakat hanya membayar pajak bumi untuk tanah yang dumiliki. Sementara untuk bangunan masih belum. Padahal, rumah yang berdiri di atas tanah mereka adalah bangunan permanen.

"Kalau pajak bangunan dan serta buminya sama-sama dibayar dengan rutin akan meningkatkan nilai pajak. Jika semua rajin bayar pajak, pendapatan daerah juga akan meningkat," imbuhnya.

Saat ini, untuk membuat warga rajin dan taat pajak, Yusransyah menyebutkan perlu dilakukan pendekatan oleh pemerintah mengenai pentingnya membayar pajak. Sosialisasi penting dilakukan agar masyarakat tidak lagi merasa terbebani membayar pajak.

Di Kecamatan Baamang, dirinya menyebutkan untuk menyelesaikan urusan selalu ditekankan kepada masyarakat terlebih dulu membayar pajak. JIka yang bersangkutan belum membayar pajak, maka pihaknya akan menangguhkan permintaan warga atau pengajuan permohonan lainnya.

"Misalnya untuk permohonan Izin Mendirikan Bangunan (IMB), jika belum bayar pajak, kami tidak layani. Ini harus tegas dilakukan, demi peningkatan pendapatan daerah. Sebab itu merupakan kewajiban," tegas Yusransyah. (RIAN NAFARIN LUFFI/B-11)

Berita Terbaru