Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Anggota DPRD Minta Bukti Hasil Cetak Sawah Dinas Pertanian

  • Oleh James Donny
  • 06 Februari 2017 - 20:39 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Anggota DPRD Kabupaten Pulang Pisau Edvin Mandala minta bukti hasil cetak sawah yang telah dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau melalui Dinas Pertanian.

"Masalah cetak sawah, tunjukan kepada saya yang sukses termasuk yang dilaksanakan satu dan dua tahun kemarin," kata Edvin saat ditemui Borneonews usai mengikuti Musrenbang Kecamatan Kahayan Hilir, Senin (6/2/2017).

Edvin mempertanyakan rekomendasi cetak sawah yang selama ini dilaksanakan oleh Dinas Pertanian tersebut. "Cetak sawah itu harus direkomendasikan oleh penyuluh dan mantri tani, jangan oleh kades atau camat," katanya.

Menurut Edvin, rekomendasi itu harus melalui uji kelayakan mantri tani dan penyuluh. Pasalnya, hanya melalui tangan ahli, bisa diketahui kondisi tanah melalui sampel yang diambil. "Ambil sampelnya dan lihat tanah airnya bagaimana, yang jelas jika tanahnya pahit dan PH-nya tinggi bagaimana bisa tanam padi" tanyanya.

Edvin juga mempertanyakan kemampuan alat dan mesin pertanian (alsintan) yang diberikan dalam mengelola cetak sawah yang ada dan penuh dengan bekas akar pohon. "Mampukah hand tractor (traktor tangan) untuk menghantam akar pohon itu," tanyanya lagi.

Edvin mengaku hanya mau melihat kontribusi yang telah diberikan selama cetak sawah dilakukan tersebut. "Ayo kita ke lapangan, cek yang cetak sawah ini berhasil nggak atau ada tidak kontribusi yang sekian ribu terhadap peningkatan produksi pertanian ini" katanya. (JAMES DONNY/B-8)

Berita Terbaru