Software Manajemen Relawan Pilkada 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Empat Desa Bakal Mendapatkan Proyeksi Air Bersih Melalui SPAM

  • Oleh Uriutu
  • 08 Februari 2017 - 16:31 WIB

BORNEONEWS, Buntok - Empat Desa di Kabupaten Barito Selatan (Barsel) bakal menikmati air bersih melalui Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM).

Keempat desa tersebut, yakni Desa Baru, Muara Talang dan Teluk Telaga di Kecamatan Dusun Selatan. Kemudian, Desa Talio di Kecamatan Karau Kuala.

"Air akan mengalir ke empat desa tersebut pada April 2017 mendatang," kata Direktur PDAM Buntok, Mariyanto kepada Borneonews di ruang kerjanya, Rabu (8/2/2017).

Ia menjelaskan, untuk tiga desa induk SPAM-nya berada di Desa Baru dengan kapasitas 10 liter per detik dan SPAM di Desa Talio, Kecamatan Karau Kuala dengan kapasitas yang sama yakni 10 liter per detik.

"Pendanaan SPAM untuk desa Baru meliputi Muara Talang dan Teluk Telaga sumber dari APBN sebesar Rp 8 miliar. Sedangkan untuk Desa Talio Rp 3 miliar sumber dana berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK)," terang dia.

Menurut Mariyanto yang akrab dipanggil Latau, pada bulan April 2017 nanti, air bersih melalui SPAM tersebut dipastikan sudah mengalir ke rumah-rumah warga.

Saat ditanya soal pelayanan pelanggan untuk Kota Buntok, Maryanto mengaku pihaknya sudah menyampaikan usulan ke Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, agar ditingkatkan menjadi 100 liter per detik dari sebelumnya 85 liter per detik.

"Usulan yang kita sampaikan itu untuk menyikapi standar Ibu Kota kabupaten secara nasional, setidaknya memiliki kapasitas 150 liter per detik," ucap dia. (URIUTU DJAPER/B-8).

Berita Terbaru