Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sumba Barat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Potensi Pelanggaran Pekan Terakhir Kampanye Tinggi

  • 08 Februari 2017 - 18:34 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Memasuki pekan terakhir masa kampanye terbuka Pilkada Kotawaringin Barat (Kobar) 2017, Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) meminta masyarakat ikut aktif memantau kampanye setiap pasangan calon (paslon).

"Kuantitas pelanggaran lebih sering muncul pada masa akhir kampanye. Kami mengajak masyarakat untuk turut aktif melakukan pengawasan," ajak Ketua Panwaslih Kobar Triyoyohepi, Rabu (8/2/2017).

Panwaslih Kobar, terang Triyoyo, juga membuka posko laporan jika ada masyarakat yang ingin mengadukan pelanggaran kampanye. "Kami buka posko laporan bagi masyarakat, siapa saja bisa melaporkan jika menemukan adanya dugaan pelanggaran dalam pelaksanaan pilkada ini," katanya.

Ia mencontohkan, seperti jika ada baliho atau alat peraga kampanye yang terpasang di tempat-tempat larangan, bisa dilaporkan ke pihaknya. "Catat lokasinya, jika memungkinkan ambil foto APK yang menyalahi aturan pemasangannya," pinta Triyoyo.

Triyoyo mengatakan, tidak hanya informasi dari masyarakat saja, namun para petugas Panwaslih Kobar juga telah dikerahkan untuk melakukan pengawasan. "Pengawasan yang dilakukan mulai dari tingkat kecamatan sampai pelosok. Kami pengawasannya dengan jalan-jalan. Kalau melihat baru didokumentasikan," katanya.

Ia mengatakan, pengawasan ini merupakan hal yang biasa dilakukan. "Biasa saja pengawasannya, semua paslon sama-sama berpotensi melakukan pelanggaran," katanya.

Dengan melakukan pencegahan lebih awal, imbuh Triyoyo, diharapkan dapat meminimalisir upaya gugatan ke Mahkamah Konstitusi. "Jika semua pelanggaran dideteksi lebih awal, kemungkinan kecil ada gugatan pelanggaran dikemudian hari," pungkasnya. (FAHRUDDIN FITRIYA/B-10)

Berita Terbaru