Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kepulauan Sula Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bulog Pangkalan Bun Akui Jual Gula Pasir ke Supermarket

  • Oleh Cecep Herdi
  • 09 Februari 2017 - 20:26 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Kepala Bulog Sub Divre Pangkalan Bun, M Soleh tak mengakui sembako yang disediakan Bulog tidak hanya dijual untuk masyarakat umum, tapi juga oleh supermarket.

"Selama mereka tidak melebihi batas harga yang kita tentukan, itu tidak menjadi masalah. Sah-sah saja," aku Soleh kepada Borneonews, Kamis (9/2/2017).

Untuk komoditas gula pasir, ia mengaku bisa sampai 4 ton yang diborong supermarket dalam sekali penjualan. Jenis sembako lainnya seperti minyak goreng juga diperjualbelikan dengan bebas baik kepada pengusaha supermarket, toko, maupun hotel.

"Tujuan kita kan supaya harga di pasaran tetap murah, terjangkau. Kalau sembakonya melimpah otomatis tidak ada permainan harga, tidak ada kelangkaan," ujar Sholeh.

Meski begitu, kekhawatiran ada pedagang yang bermain curang pun mengemuka. "Saya khawatirnya sembako itu ditimbun. Ketika persediaan di Bulog habis, otomatis di pasaran sembako langka. Di situ celah untuk permainan harga oleh pemilik modal banyak, seperti supermarket," kata salah seorang anggota Rumah Pangan Kita (RPK), yang mengaku tak kebagian gula pasir baru-baru ini.

Namun, Soleh optimistis tidak akan terjadi kenaikan harga sembako secara signifikan meski stok di Bbulog habis.

"Enggaklah, kita jangan berandai-andai. Kenyataannya kan dua pekan lalu stok gula pasir di Bulog habis. Tapi harga di pasaran masih Rp14 ribu. Itu normal saja. Jadi tidak benarlah kalau ada penimbunan atau apa sebutannya," kilah Soleh. (CECEP HERDI/B-10)

Berita Terbaru