Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Serdang Bedagai Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

350 Hewan Peliharaan di Kapuas Divaksin Anti Rabies

  • 10 Februari 2017 - 20:00 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Dinas Pertanian Kabupaten Kapuas melaksnakan vaksinasi anti rabies terhadap 350 ekor hewan peliharaan warga Kecamatan Kapuas Tengah.

Menurut Kepala Seksi Kesehatan Hewan Bidang Peternakan Dinas Pertanian drh Anik Ariswandani, vaksinasi dilakukan di empat desa pada kecamatan tersebut pada 7-8 Februari 2017. Hal ini dilakukan sesuai permintaan warga setempat serta ada laporan kasus warga yang digigit anjing.

"Memang ada permintaan warga agar hewan peliharaannya divaksin anti rabias serta maraknya warga yang digigit anjing sehingga Dinas Kesehatan juga terlibat melakukan pemeriksaan serta suntik anti rabias terhadap warga," kata Anik Ariswandani Jumat(10/2/2017).

Anik menyebutkan, vaksinasi selama dua hari itu dilakukan di empat desa di antaranya Penda Muntei, Kota baru, Hurung Pukung, dan Kayu Bulan. Adapun hewan yang divaksin, di antaranya anjing, kucing, dan monyet.

"Memang di empat desa warga antusias ingin memaksin hewannya sehingga kebutuhan vaksin melebihi stok yang dibawa tim Keswan," katanya.

Namun, pihaknya kesulitan saat ingin mengambil sampel liur anjing apakah mengandung rabies atau tidak. "Kita kesulitan mengambil sampel liur anjing untuk diperiksa apakah gigitanya mengandung rabies atau tidak, sebab sudah dibunuh warga dan dikuburkan," pungkasnya. (DJIMMY NAPOLEON/B-5)

Berita Terbaru