Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Sibolga Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Indikator Penilaian Camat Berprestasi di Lamandau Ditambah

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 16 Februari 2017 - 18:06 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Indikator penilaian camat berprestasi di Kabupaten Lamandau untuk tahun 2017 dipastikan bertambahnya. 

"Tahun ini indikatornya akan kita tambah. Tidak hanya observasi dan pengecekan di lapangan berdasarkan list yang ada, tapi juga inovasi apa yang dibuat. Sehingga lebih kompetitif dan menghadirkan ide-ide briliant, tidak hanya textbook," kata Bupati Lamandau, Marukan, saat membuka raker pembangunan, Kamis (16/2/2017).

Marukan menyebut, ditambahnya indikator tersebut untuk memotivasi para camat agar tidak hanya terpaku dengan indikator yang umum-umum saja. Tapi juga menghadirkan ide-ide briliant dalam berbagai jenis dan bentuk peningkatan pelayanan terhadap masyarakat.

"Cobalah para camat mencari inovasi pelayanan yang segar dan efektif. Jangan terlalu kaku dan jangan sampai menabrak aturan yang ada," kata dia.

Misalnya, kata Marukan, inovasi dalam upaya peningkatan pendapatan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) atau jenis PAD lainnya.

Adapun sejumlah indikator yang menjadi bahan penilaian Camat Berprestasi tahun 2016 lalu sedikitnya meliputi 10 aspek. Mulai dari perencanaan, tindak lanjut temuan inspektorat, pelaksanaan PATEN serta pemenuhan target Pajak Bumi dan Bangunan.

Selain itu, kinerja Camat juga dinilai dari aspek kebersihan lingkungan kantor, persentase penyelesaian sengketa lahan, sarana dan prasarana kantor, pelaksanaan pendampingan pengisian profil desa serta penyerapan anggaran tahun di tahun sebelumnya.

Seperti diketahui, berdasrkan hasil kinerjanya, camat berprestasi tahun 2016 lalu adalah Camat Bulik, Atie Dieni. Di peringkat dua dan ke tiga adalah Camat Menthobi Raya, Riko Purwanto diikuti Camat Sematu Jaya, Marinus Apau yang kini menjadi plt Kepala BKPSDM. (HENDI NURFALAH/B-11)

Berita Terbaru