Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Pekalongan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Lamandau Instruksikan Inventarisasi Lahan Pertanian

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 16 Februari 2017 - 19:22 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Bupati Lamandau Marukan, menginstruksikan kepala dinas pertanian setempat untuk segera melakukan inventarisasi semua lahan pertanian di daerah.

"Saya minta kepala dinas pertanian segera melakukan inventarisir lahan pertanian yang ada di Lamandau, khususnya lahan sawah," kata Marukan, saat menghadiri Syukuran Panen Padi Sawah milik Kelompok Tani (Poktan) Agro Sejahtera, Desa Bumi Agung, Kecamatan Bulik, Kamis (16/2/2017).

Kalau sudah diinvetarisasi, lanjut dia, akan segera dibuatkan Surat Keputusan (SK) Bupati Lamandau tentang Penetapan Lahan Pertanian. Hal itu untuk mengantisipasi pengalihfungsian lahan oleh masyarakat seiring dengan budaya yang berkembang.

Sebab, tidak bisa dipungkiri saat ini banyak masyarakat yang sudah tidak mau repot menggarap lahan taninya lebih memilih menanam komoditi perkebunan seperti kelapa sawit.

"Jadi kalau sudah di-SK-kan, tentu masyarakat tidak akan melakukan alih fungsi lahan yang seharusnya untuk lahan pertanian khususnya padi," tandasnya. (HENDI NURFALAH/B-11)

Berita Terbaru