Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Batanghari Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Marukan Desak Kades Segera Laporkan Realisasi DD Semester II 2016 Paling Lambat Tiga Hari Mendatang

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 17 Februari 2017 - 17:41 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Bupati Lamandau Marukan meminta kepala desa (kades) segera menyelesaikan laporan keuangan dan realisasi dana desa (DD) semester II tahun 2016 paling lambat hingga tiga hari mendatang.

Untuk itu Marukan secara tegas juga minta camat segera mengoordinasikan  itu Kades di setiap wilayah mereka.

"Saya minta para camat untuk mengoordinasikan laporan keuangan dan realisasi DD semester II tahun anggaran 2016 dari masing-masing desa," katanya, Jumat (17/2/2017).

Kemudian, sambungnya, setelah direkapitulasi kecamatan, segera sampaikan ke Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) dan ditembuskan ke Badan Keuangan Daerah (BKD) Lamandau.

"Saya minta, semua itu harus sudah selesai maksimal tiga hari setelah rapat kerja sinkronisasi pembangunan (Kamis-Jumat ini)," tegasnya.

Menurutnya, semakin cepat diselesaikannya laporan keuangan desa dan laporan realisasi DD, akan berpengaruh terhadap percepatan dalam proses pengajuan pencairan DD dan ADD tahun berikutnya.

Meskipun memang untuk bisa dicairkan, baik ADD maupun DD harus menunggu adanya Peraturan Bupati (Perbup) yang mengaturnya. Dimana kini, Perbup ADD dan DD sedang dievaluasi oleh gubernur Kalteng. (HENDI NURFALAH/B-5)

Berita Terbaru