Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kab. Pandeglang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Seharusnya Lebih Diprioritaskan Pembangunan Jembatan Dibanding Peningkatan Status Jalan ke Tumbang Samba

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 18 Februari 2017 - 18:06 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya ' Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng), Sugianto Sabran lebih setuju melanjutkan pembangunan jembatan menuju Tumbang Samba, Kabupaten Katingan dibanding meningkatkan kelas jalan Simpang Pelantaran - Tumbang Samba, Kabupaten Katingan.

Menurutnya, peningkatan kelas jalan itu belum menjadi prioritas saat ini, sehingga ia mempertanyakan pembangunan jalan di jalur itu yang dilakukan oleh Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional XI Wilayah Kalimantan melalui Satuan Kerja (Kasatker) Perencanaan dan Pelaksanaan Jalan Nasional (P2JN) Kalimantan Tengah.

'Kenapa itu, ada apa di sana Kenapa tidak mengejar yang lain yang lebih prioritas Kalau untuk pengerjaan jembatannya saya setuju. Kalau jalannya, pengerasan jalan saja sementara sudah cukup. Kita harus berhemat dan mengalihkan anggaran kepada ruas yang lain yang lebih produktif dan prioritas,' kata Sugianto, Sabtu (17/2/2017).

Sugianto menyatakan seharusnya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Balai Besar Jalan, berkordinasi dengan Pemprov Kalteng terlebih dahulu.

Ia mengatakan, menentukan priroritas pembangunan seharusnya dibicarakan lebih dahulu, meskipun hal itu merupakan kelanjutan program perencanaan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) beberapa tahun lalu.

'Kalau bersikukuh tanpa pembicaraan dengan kita, ada apa di situ Saya tidak ingin orientasinya adalah yang penting proyek selesai dikerjakan. Buat apa model begitu Yang paling penting adalah kemanfaatannya bagi daerah dan bagi masyarakat sekitar,' tutupnya. (ROZIQIN/B-10)

Berita Terbaru