Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tana Tidung Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tengkulak Mainkan Harga Gabah Petani di Katingan Kuala

  • Oleh Abdul Gofur
  • 19 Februari 2017 - 21:00 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Para tengkulak sering mainkan harga gabah petani di Kecamatan Katingan Kuala, sehingga petani dirugikan.

"Dari laporan sejumlah petani mengatakan kalau selama ini sebagian mereka bergantung dengan tengkulak, mulai dari proses pengadaan bibit, pupuk hingga obat-obatan semuanya disediakan tengkulak, namun saat panen, petani harus menjual gabahnya ke pengumpul," ungkap Kepala Dinas Pertanian Katingan, Hendri Nuhan.

Namun, kata Hendri rata-rata tengkulak atau pengepul gabah ini membeli gabah petani dengan harga murah di bawah harga pasaran dan sudah berlangsung lama.

"Sebenarnya petani tidak ingin dipermainkan tengkulak soal harga gabah, namun bagaimana lagi, karena di sisi lain petani butuh modal saat hendak menggarap sawahnya, namun di sisi lain harga yang dipatok tengkulak ini di bawah standar," tuturnya.

"Kita sendiri tidak bisa melarang petani menggunakan sistim ijon dengan tengkulak, namun kita imbau agar para tengkulak tidak jauh berbeda dalam mematok harga gabah petani," imbuhnya. (ABDUL GOFUR/B-6)

Berita Terbaru