Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pesisir Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bawang Dayak Kering tak Kurangi Khasiat (3)

  • Oleh Testi Priscilla
  • 20 Februari 2017 - 05:44 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Bawang Dayak seringkali dijual sudah dalam bentuk irisan tipis dan dijemur hingga kering. Indu Ani, seorang produsen ramuan obat tradisional khas Dayak mengatakan Bawang Dayak dalam kondisi kering seperti ini tidak kemudian mengubah fungsinya, khasiatnya tetap sama.

Hal ini karena Bawang Dayak selalu dapat dipergunakan dalam bentuk segar, dikeringkan, manisan atau dalam bentuk bubuk. "Cuma kadang yang dikeringkan itu Bawang Dayak yang sudah beberapa hari disimpan belum digunakan jadi agak layu. Supaya lebih awet, yang agak layu ini kita iris tipis-tipis kemudian dijemur," jelas Indu Ani, wanita kelahiran Barito Timur ini.

Indu Ani menyebut untuk mendapatkan khasiat bawang Dayak cukup dengan cara menyiram bawang kering ini dengan air panas. Bahkan jika masih ada rasanya, bawang Dayak kering bisa diseduh berulang.

"Direndam selama tiga menit. Kalau terlalu pahit, bisa ditambah madu. Asal madu murni. Jangan madu campuran," tutur wanita yang menjual bahan ramuan obat di Pasar Kahayan Palangka Raya ini. (TESTI PRISCILLA/B-6)

Berita Terbaru