Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bawang Dayak Bisa Diolah dengan Berbagai Cara (5)

  • Oleh Testi Priscilla
  • 20 Februari 2017 - 05:48 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Bawang Dayak dikenal dapat menjadi obat bagi berbagai penyakit. Hanya saja seperti obat tradisional lainnya, tanaman obat khas Kalimantan Tengah ini juga terasa pahit saat dikonsumsi.

Karenanya Indu Ani, salah seorang Produsen dan Penjual ramuan obat tradisional khas Dayak di Pasar Kahayan Palangka Raya memberikan beberapa cara mengolah bawang Dayak ini agar dapat dikonsumsi dengan nikmat.

"Bisa diolah menjadi minuman instan. Jadi kalau mau meminumnya tinggal dicampur air panas atau air dingin," ungkap Indu Ani, Minggu (19/2/2017).

Caranya, blender bawang Dayak dengan perbandingan 1:2 dengan air. Misalnya bawang Dayak 1 kilogram, berarti airnya 2 liter. Blender hingga halus kemudian disaring dengan kain blacu.

Lanjutkan dengan memasaknya hingga mendidih sambil sesekali diaduk. Tambahkan gula dengan perbandingan 1:1, untuk 1 kg bawang Dayak berikan 1 kg gula pasir.

Aduk terus hingga membentuk butiran-butiran halus lalu dinginkan. Haluskan lagi dengan blender rempah untuk mendapatkan tekstur yang lebih halus.

"Itu kalau tidak suka yang langsung diseduh. Karena Bawang Dayak ini termasuk pahit, namanya juga obat. Kalau tidak mau repot ya Bawang Dayak yang kering diseduh air panas saja lalu diberi madu murni sebagai perasa," tutupnya. (TESTI PRISCILLA/B-6)

Berita Terbaru