Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ancaman Abrasi Pantai Berkurang Sejak Dibangun Pemecah Ombak

  • Oleh Norhasanah
  • 22 Februari 2017 - 00:26 WIB

BORNEONEWS, Sukamara ' Sejak pemecah ombak dibangun oleh pemerintah daerah dan pusat di beberapa lokasi, abrasi yang mengancam permukiman penduduk di Kecamatan Pantai Lunci, Kabupaten Sukamara, mulai berkurang.

Darto, nelayan Pantai Lunci, menuturkan bahwa abrasi sempat membuat warga yang bermukim di sekitar pantai khawatir. Sebab abrasi sudah mencapai tepi jalan desa serta sejumlah pekarangan rumah warga.

'Sebelum dibangun pemecah ombak proses abrasi memang cukup menghawatirkan sebab sebelumnya pemukiman warga cukup jauh dari bibir pantai,' kata Darto, Selasa (21/2/2017).

Namun, setelah pemecah ombak dibangun proses abrasi mulai berkurang. Bahkan daratan yang sempat hampir longsor akibat terkikis gelombang, kini sudah bisa tertahan oleh pemecah ombak.

'Sejak adanya bangunan pemecah ombak proses abrasi sudah tidak lagi terjadi bahkan beberapa tebing pantai yang tadinya hampir longsor ke laut, sekarang sudah tertahan dengan adanya timbunan pasir yang tertahan oleh pemecah ombak,' ujar Darto. (NORHASANAH/B-3)

Berita Terbaru