Dinkes Harapkan Bantuan Tempat Bidan Bertugas

  • Oleh James Donny
  • 22 Februari 2017 - 19:38 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Dinas Kesehatan Kabupaten Pulang Pisau berharap Pemkab Pulang Pisau bisa membangun tempat tinggal  bagi bidan terutama yang bertugas di daerah yang sulit dijangkau.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pulang Pisau Muliyanto Budihardjo, Rabu (22/2/2017).

"Salah satu desa yang mengharapkan bantuan tersebut yakni bidan di Desa Tanjung Pusaka, Kecamatan Jabiren Raya," kata dia.

Menurut Muliyanto, peranan bidan sangat penting dan dibutuhkan di daerah-daerah terpencil untuk memberi pertolongan persalinan. Penempatan bidan di desa tidak terlepas dari upaya pemerintah dalam menurunkan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB).

Selain itu, lanjut dia, untuk pelayanan kesehatan reproduksi dan kesehatan umum di desa kebanyakan bisa dimulai oleh bidan dengan menyegarkan kembali fungsi Posyandu, meningkatkan kualitas pelayanan di Posyandu dan selanjutnya menghidupkan rujukan pelayanan di PKD, Puskesmas dan Rumah Sakit.

"Bidan adalah tenaga kesehatan yang berperan penting dalam pemberian pelayanan kesehatan dan penyuluhan tentang berbagai masalah kesehatan dan gizi di tingkat pedesaan, dan bidan merupakan ujung tombak dalam menangani masalah kematian ibu dan anak yang masih tinggi, khsusunya yang ada di pedesaan," katanya.

Muliyanto menegaskan dengan adanya penyediaan bangunan tempat tugas yang lebih representatif kata dia akan memberikan kemudahan bagi bidan dalam melaksanakan tugasnya di desa. (JAMES DONNY/B-8)

Berita Terbaru