Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bengkulu Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Lamandau Cium Limbah Pabrik Sawit

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 25 Februari 2017 - 19:00 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Bupati Lamandau Marukan dan Ketua DPRD Lamandau H Tommy Hermal Ibrahim mencium limbah pabrik kelapa sawit dengan mengambil sampel limbah yang ada di kolam penampungan limbah cair. Mereka ingin memastikan kondisi limbah seperti yang dikeluhkan masyarakat.

Secara teliti, Marukan melakukan pengecekan di hampir semua kolam limbah. Dirinya seolah ingin mengetahui sendiri bahwa kondisi limbah di setiap kolam yang berbeda, benar-benar mengalami perubahan setelah melewati hasil penguraian.

"Dari hasil cek di setiap PKS ini, ada dua sampai tiga kolam yang bau limbahnya memang cukup menyengat, dan dari situlah sumber paparan bau yang mungkin menyebar selama ini," kata Marukan, seusai melakukan pengecekan kondisi pengelolaan limbah di dua Pabrik Kelapa Sawit (PKS) di Desa Kujan, Kecamatan Bulik, Sabtu (25/2/2017).

Untuk itu, sambung dia lagi, ia minta agar pihak perusahaan segera mencari solusi. "Berdasarkan analisa dan penjelasan pihak perusahaan, saya juga dapat memahami bahwa mereka (perusahaan) membutuhkan waktu, karena proses kimiawi maupun alami untuk meminimalisasi bau. Perlu waktu sekitar dua sampai tiga bulan ke depan," ujarnya. (HENDI NURFALAH/B-2)

Berita Terbaru